MINGGU , 20 JANUARI 2019

Serahkan APK, KPU Warning Parpol

Reporter:

Iskanto

Editor:

Cherly

Senin , 26 November 2018 14:55
Serahkan APK, KPU Warning Parpol

Rapat penyerahan APK dari KPU kepada LO partai di ruang pertemuan KPU Tana Toraja, Senin 26 November 2018.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, menyerahkan Alat Peraga Kampaye (APK) kepada LO Partai Politik (Parpol ) di Kantor KPU Tana Toraja, Senin (26/11).

Komisioner KPU Tana Toraja, Alexander Kambuno mengatakan, APK yang dicetak berdasarkan desain dari masing-masing parpol, dan batas waktu penyerahan APK yang difasilitasi KPU paling lambat 27 November. “Lepas dari itu tidak ada lagi penyerahan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Alexander menekankan, setelah diserahkan, APK menjadi tanggungjawab masing-masing parpol untuk memasang. Tetapi, pemasangan APK itu harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya tidak diperkenankan dipasang di area rumah ibadah, pelayanan kesehatan di semua tingkatan, gedung fasilitas pemerintah, termasuk fasilitas pendidikan, termasuk di pohon.

“Namun APK bisa dipasang APK dengan jarak minimal 15 M, namun KPU memberikan kebijakan menjadi paling kurang 5 M dari halaman rumah ibadah dari gedung fasilitas kesehatan dan pendidikan serta fasilitas pemerintah lainnya, ” tandasnya.

Sementara itu, Bawaslu Tana Toraja, Muh. Zuhud, dalam kesempatan itu mengingatkan, APK yang melanggar akan diberikan teguran dan sanksi administrasi. “Tapi jika ada pengrusakan APK itu akan merujuk pada pidana, olehnya itu kita harus paham aturan yang ada,” jelas Dia.

Dari 12 Parpol yang ada di Toraja, sebanyak 11 Parpol yang menerima APK, dan satu yakni partai PKS yang tidak menerima APK, dikarenakan sampai pada batas akhir tidak menyerahkan desain APK.


Tag
  • APK
  •  
  • parpol
  •  
    div>