SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Serap Aspirasi, Komisi IV DPR RI Datangi Petani

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 27 April 2016 14:06
Serap Aspirasi, Komisi IV DPR RI Datangi Petani

Komisi IV DPR RI didampingi Wabup Pinrang, M Darwis Bastama saat mengunjungi lahan pencetakan sawah baru di Pinrang.

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo beserta rombongan mengunjungi Pinrang, sebagai daerah khusus guna menyerap aspirasi masyarakat, terkhusus mendengar aspirasi masyarakat petani.

Kedatangan rombongan Komisi IV DPR RI di Pinrang ini, difasilitasi Anggota DPR RI, HA Nawir Pasinringi, mantan Bupati Pinrang dua periode yang juga duduk di Komisi IV DPR. Mereka disambut Wakil Bupati Pinrang, M Darwis Bastama bersama Kadis Pertanian dan Peternakan Pinrang, Jhon Sampebua di Ruang Rapat Kantor Bupati, Selasa (26/4).

Rombongan komisi IV ini dipimpin langsung, Edhy Prabowo (Gerindra) beserta HA Nawir, Nasid Umar (Demokrat), Andi Akmal Pasluddin (PKS), Samiatul (Golkar), Rahmat Handoyo (PDIP), Hasan Ramli (Golkar), Ajad Adang (PKB) dan O Sutisna (Gerindra). Selain anggota DPR, juga tampak Dirjen Tanaman Pangan dan Holtikultura, Asil Sembiring, Kadis Pertanian Sulsel serta produsen pupuk.

Edhy Prabowo tampam mengapresiasi pembangunan di Pinrang. Menurut Edhy, Bupati Aslam Partonangi telah mengantarkan Pinrang berhasil menempati posisi kedua penilaian hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tingkat nasional dari 500 lebih kabupaten/kota di Indonesia.

Wabup Darwis Bastama menjelaskan, areal pertanian di Pinrang seluas 53 ribu hektar. Adanya hambatan saat musim panen, disebabkan akibat curah hujan tinggi disertai rebahnya padi yang diperparah kurangnya mobil alat pemanen.

Menurut Wabup, luasnya areal sawah tidak sebanding dengan mesin pemanen yang hanya 220 unit. Sementara hasil pencetakan sawah baru berkisar 1000 hektar, sehingga memerlukan perhatian serius, terutama perbaikan infrastruktur penunjang disekitar lahan.

Hal ini juga diutarakan dua ketua kelompok tani, Anas Tika dan Jufri Basri. Keduanya berharap, sekiranya bantuan traktor yang ada agar lebih berkualitas dan bermerek. Menurutnya, alat traktor yang berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap produktifitas pertanian yang dijamin tidak cepat rusak.

Edhy Prabowo mengatakan, kunjungannya ke Pinrang ini nantinya akan membawa hasil nyata. Edhy mengaku, semagat petani di Pinrang ini cukup tinggi. Karena itu, aspirasi yang didapatkan akan dikordinasikan dengan instansi terkait mengingat dana pembangunan pertanian cukup besar.

Edhy mengingatkan, di daerah penyerapan dananya harus dimanfaatkan lebih efektif dan transparan. “Di DPR, dana pertanian tidak dipermasalahkan karena sektor itu menyangkut periuk rakyat,” katanya.

Andi Nawir mengatakan, sebagai wakil rakyat pihaknya selalu berkomitmen membangun daerah di Daerah Pemilihannya. Ia mengakui, tahu betul kondisi di daerah dapilnya. Menurutnya, sinergitas antara pemerintah kabupaten cukup baik sehingga menunjang keberhasilan di daerah, khususnya pertanian.

Rombongan komisi IV ini juga mengunjungi lokasi pencetakan sawah baru di Takkalalla, Kecamatan Patampanua dan Desa Massewae serta melihat langsung kondisi Bendung Benteng yang merupakan bendungan tertua peninggalan belanda.


Tag
div>