KAMIS , 14 DESEMBER 2017

Serentak, FKPPI-Pemkot Parepare Gelar Nobar Film G30 S/PKI di Lima Titik

Reporter:

Editor:

niar

Minggu , 01 Oktober 2017 20:51
Serentak, FKPPI-Pemkot Parepare Gelar Nobar Film G30 S/PKI di Lima Titik

int

PAREPARE, RAKSUL.COM –Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Parepare, Majelis Ta’lim, dan Tim Penggerak PKK mengadakan nonton bareng film sejarah pengkhianatan bangsa yang dikenal dengan G30 S/PKI di halaman Balai Ainun Habibie, Sabtu malam, 30 September 2017.

Kegiatan yang dimulai tepat pada pukul 20.00 wita dihadiri pejabat OPD, serta pengurus FKPPI Parepare bersama warga masyarakat. Tidak hanya di balai Ainun saja, tetapi kegiatan serupa juga diselenggarakan di empat kecamatan di Parepare secara bersamaan.

Dalam sambutannya, Walikota Parepare HM Taufan Pawe SH MH, sekaligus pembina FKPPI Parepare mengajak segenap masyarakat untuk dapat memaknai sejarah kelam bangsa Indonesia melalui film G30SPKI.

“Kita harus memaknai bahwa ada sejarah yang ingin merubah ideologi bangsa kita dahulu, yakni paham komunisme. FKPPI mengajak kita untuk menyaksikan peristiwa yang menyedihkan itu. Tentu saya mengapresiasi, bahwa ini pertanda FKPPI memberi arti bagaimana menjaga stabilitas Parepare, dengan mempertebal pemahaman terkait sejarah,” kata Taufan Pawe.

Bukan hanya komunisme kata Taufan, ada pula paham radikal yang terus mengancam, makanya FKPPI harus tampil memberikan edukasi kepada anak generasi penerus bangsa. Kata dia, PKI sebagai paham atau aliran mungkin sudah tidak ada lagi, namun sebagai konsep bisa saja muncul pelan-pelan.

“Eksistensi FKPPI yang responsif, jangan hanya berhenti sampai disini, namun tetap tampil memberikan pemahaman dan pendidikan, terutama kepada anak anak kita. Hadirnya FKPPI akan menjadikan Parepare jauh lebih maju dan sukses,” tegasnya.

Sementara, Ketua FKPPI Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, mengatakan, pemutaran film G30S/PKI ini serentak, bukan hanya di Kota Parepare, tapi juga dilakukan di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan arahan dari FKPPI pusat. Untuk wilayah Parepare terdiri dari tiga rayon dan pemutarannya bakal dipusatkan di Balai Ainun,” ungkap Erna.

Erna menekankan, melalui pemutaran film ini diharapkan masyarakat mengetahui sejarah sebenarnya tentang kekejaman PKI.

“Mereka adalah komunis, dan komunis tidak boleh ada di Indonesia. Ini merupakan tragedi yang tidak boleh dilupakan oleh anak-anak kita sekarang. Sejarah ini akan menjadi pelajaran bagi mereka,” jelas Ketua BKMT Parepare ini.

Terpisah, Ketua Panitia Nobar Film G30S/PKI, H Amran Ambar, mengatakan, nobar ini untuk memantik kepedulian para kader FKPPI tentang pentingnya semangat kebangsaan dan menjaga keutuhan NKRI.

“Ini juga menjadi ajang silaturahmi para kader FKPPI serta mengukuhkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan,” ujar H Amran Ambar. (Nia)


div>