MINGGU , 20 MEI 2018

Sering Keluar, Ilham Disarankan Cuti Saja

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 28 September 2012 10:38

MAKASSAR – Terhitung mulai Senin (24/9) hingga Kamis (27/9) kemarin, Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin tak berkantor. Alasannya Walikota Makassar dua periode ini berada di luar Makassar atau tepatnya melakukan lawatan politiknya ke sejumlah daerah seperti Soppeng dan Luwu untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Seperti diketahui, Ilham yang juga Ketua Partai Demokrat Sulsel akan maju bertarung dengan kandidat lain sebagai bakal calon Gubernur Sulsel. Meski demikian, sebagai walikota Wakassar tentunya juga harus bertanggung jawab atas jabatannya yang saat ini disandangnya.

Seringnya Ilham melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Sulsel, disayangkan oleh anggota dewan dari Fraksi Golkar, Abd Wahab Tahir. Menurutnya, Ilham sebaiknya lebih memfokuskan pada urusan pemerintahan Kota Makassar ketimbang keluar daerah untuk kepentingan pribadi semata.

“Pak Ilham kan masih menjabat walikota, harusnya dia lebih fokus urus pemerintahan,” ujar Wahab.

Wahab menyarankan sebaiknya Ilham mengajukan cuti panjang dengan pertimbangan roda pemerintahan akan terbengkalai jika dirinya hanya fokus untuk kepentingan pencalonannya sebagai calon gubernur 2013-2018.

“Sekarang Ilham masih menjabat sebagai walikota, kok lebih sering keluar daerah, kalau begini roda pemerintahan pasti terbengkalai. Sebaiknya dia legowo untuk ajukan cuti panjang saja,” tutur Wahab.

Sebaliknya, anggota dewan dari Fraksi Demokrat, Andi Endre Cecep Lantara, mengganggap kunjungan Ilham ke daerah-daerah tidak akan membuat jalannya pemerintahan di Makassar mandek.

“Tidak mungkinlah roda pemerintahan terbengkalai, kan ada wakilnya, asisten dan struktur di bawahnya yang tetap berjalan, lagi pula Pak Ilham juga tidak setiap hari tinggalkan Makassar,” jelas Endre.

Ia menjelaskan, Ilham ke daerah bukan kapasitasnya sebagai Walikota tapi sebagai pimpinan Partai Demokrat untuk menjalankan agenda partai yaitu konsolidasi partai, temu kader dan halal bi halal.

Senada Endre, Haeruddin Hafid yang juga anggota Fraksi Demokrat, menambahkan, Ilham sebagai walikota tidak mungkin hanya meninggalkan Makassar tanpa mengarahkan struktur di bawahnya.

“Samaji kita di DPRD, kalau tidak ada ketuanya tidak mungkin anggota dewannya lari-lari, pasti tetapji jalan sesuai tugasnya,” pungkasnya. (M1/C)


Tag
div>