MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Setelah CRC, Kini Giliran Insert Institute Unggulkan TP

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Selasa , 19 Juni 2018 15:45
Setelah CRC, Kini Giliran Insert Institute Unggulkan TP

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Lembaga Survei Insert Institute merilis hasil survei Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Parepare, Selasa, (19/6/2018).

Dalam surveinya, elektabilitas calon Calikota Parepare Ptahana Taufan Pawe yang berpasangan Pangeran Rahim (TP-PR)  unggul dengan kisaran 61,2 persen, sementara pasangan Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad (FAS) sekira 33,8 persen.

Survei yang dilangsungkan pada 3-6 Juni 2018 tersebut merekam potensi pemilih yang belum menentukan pilihan dan atau tidak jawab berkisar 5 persen. Insert Institue melibatkan 600 responden dengan tingkat kepercayaan survei sekira 95 persen dan ‘margin of error’ sekira 3,9 persen.

Direktur Insert Instititute, Rezky Yanti, menyebutkan popularitas dua paslon yang bertarung di Pilkada Parepare cukup signifikan.  Tingkat keterkenalan Taufan Pawe mencapai 99,6 persen, sementara Faisal Sapada 99,3 persen. Adapun popularitas calon wawali menempatkan Pangeran Rahim sekira 93,3 persen, berbanding Asriadi Samad sekira 86,5 persen.

Visi misi dan kepribadian paslon cukup berpengaruh dalam memengaruhi pemilih di Pilkada Parepare. Sesuai temuan risertnya, Aris mengungkapkan empat hal yang menjadi faktor paling mendorong masyarakat dalam menentukan pilihannya. Di antaranya program kerja menarik, integritas moral calon, berwibawa dan jujur  serta kinerja (track record) parpol pendukung.

“Sekira 29,7 persen masyarakat yang menyatakan menentukan pilihannya karena faktor program kerja yang menarik. Integritas figur terutama persepsi jujur dan bersih menjadi faktor berikutnya, sekira 23,9 persen,” sebut Rezky.

Sebelumnya, Lembaga Celebes Research Centre (CRC) juga mengunggulkan TP, dengan posisi elektabilitas 68 persen. (*)


div>