RABU , 14 NOVEMBER 2018

Setengah Abad Tonasa Terus Berinovasi

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Jumat , 02 November 2018 09:52
Setengah Abad Tonasa Terus Berinovasi

Direktur Utama PT Semen Tonasa Subhan, SE, Ak, MM.

PERUSAHAAN industri semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) PT Semen Tonasa, hari ini genap berusia setengah abad tepatnya 50 tahun. Usia yang dianggap dewasa, untuk menghadapi kerasnya persaingan bisnis semen di era milenial.

Namun di pundak seorang ekonom muda, Subhan Ak, PT Semen Tonasa terus berbenah, bertahan dan memanfaatkan celah ditengah kepungan brand semen luar yang mulai melirik pasar Indonesia.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Subhan yang begitu santai dengan setelan batik dan celana kain, mencoba menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan, meski cukup menyita waktu dari pekerjaan yang menumpuk diatas meja kerja pria kelahiran tahun 1971 tersebut.

Dari sekian banyak pertanyaan yang coba dilontarkan, tersirat satu hal yang menggembirakan, bahwa sosok Direktur Utama PT Semen Tonasa, ternyata banyak menyimpan strategi perang bisnis, hanya saja segudang amunisi tersebut masih disimpan rapi, dan mungkin akan dijadikan sebagai senjata pamungkas yang siap digunakan kapan saja.

Berikut kutipan wawancara wartawan Harian Rakyat Sulsel, Akhiruddin Tola dengan Direktur Utama PT Semen Tonasa Subhan, SE, Ak, MM.

+ Selamat ulang tahun ke-50 buat PT Semen Tonasa.
– Terima kasih ucapannya, semoga setengah abad ini kita bisa mengulang kembali kejayaan kita tahun 1968 silam.

+ Menjadi orang nomor satu, tepat di setengah abad PT Semen Tonasa, bagaimana pandangan bapak?
– Ya, adalah sebuah tantangan, sekaligus kebahagiaan, semoga kita tetap dinaungi keberuntungan, semua terus berkembang, dan ini doa dari semuanya karena PT Semen Tonasa masih beroperasi dengan baik.

+ Menghadapai perang pasar yang saat ini masuk ke level tinggi, apa strategi yang akan dilakukan?
– Sekarang industri semen masuk ke level high competition (persaingan ketat) dan Semen Tonasa wajib untuk kompetitif, tentu banyak faktor yang membuat kita lebih waspada, saya rasa kita gunakan strategi bertahan (defense) membaca segala kemungkinan dan pengembangan (inovasi) yang kita gunakan untuk menyerang, mengupayakan permintaan semen domestik terpenuhi, sekaligus meningkatakan ekspor, terbukti kita terus tumbuh, hingga akhir tahun ini.

+ Bagaimana dengan perhatian perusahaan untuk Kabupaten Pangkep?
– Alhamdulillah hingga usia setengah abad ini, PT Semen Tonasa tidak semata-mata melakukan eksploitasi, namun kita tetap bertanggung jawab, baik di sektor sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Pangkep.

+ Sebagai seorang ekonom, pasti ada cara pandang berbeda dalam menghadapi kompetisi, khususnya industri semen?
– Saya kira, kompetisi tidak hanya melahirkan tekanan dan tantangan tapi ada peluang di dalamnya, jadi dengan tingginya kompetisi, disitulah ujian sesungguhnya bagi perusahaan yang besar, dan Alhamdulillah dengan ketepatan ramuan strategi dan eksekusi di lapangan kita masih bisa membuktikan bahwa kita masih terus sustain (berkelanjutan).

+ Terakhir, apa kado spesial di setengah abad PT Semen Tonasa ini?
– Yang pertama, bagaimana kita desain program 50 tahun dengan kerjasama peningkatan ekonomi masyarakat, dan hasilnya Tonasa Park yang dulunya merupakan pabrik pertama kita di Tonasa I, kini kita sulap menjadi mesin ekonomi masyarakat, kita akan bermitra dengan pihak luar, sejumlah komunitas, karena potensi sangat luar biasa, semoga ruang kolaborasi ini bisa betul bermanfaat sesuai harapan.

+ Pesan bapak untuk masyarakat.
– Semoga masyarakat bisa terus menerima kehadiran kita, kalaupun ada hal yang kurang, ini tanggung jawab kami, sehingga keberadaan perusahaan tidak hanya berdampak pada karyawan, namun seluruh stakeholder bisa meraih benefit dari perusahaan ini. (*)


Tag
  • #50 tahun
  •  
  • tonasa
  •  
    div>