JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Si Vandalis PGSD Unibos Ngaku Siap Hapus Coretannya di Puncak Gunung Latimojong

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Kamis , 14 Januari 2016 06:39
Si Vandalis PGSD Unibos Ngaku Siap Hapus Coretannya di Puncak Gunung Latimojong

int

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Mahasiswa yang melakukan vandalisme dengan mencoreti triangulasi Gunung Latimojong, Enrekang pada pekan lalu rupanya dilakukan oleh tujuh orang yang kesemuanya mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Bosowa (dulu Universitas 45) Makassar. Mereka menyatakan siap bertanggung jawab.

Wakil Ketua Forum Pemerhati Lingkungan (FPL) Makassar, Ahmad Fausy Mahmud mengatakan salah satu pelaku vandalis di puncak Gunung Latimojong, bernama Retno sudah memenuhi panggilan anak-anak FPL. Retno dkk pun diminta mempertanggung jawabkan perbuatannya sebelum masalah ini diserahkan ke lembaga kampusnya.

“Mereka siap bertanggung jawab dengan cara menghapus coretan yang telah dibuatnya, ” kata Ahmad yang sempat berdiskusi dengan Retno di sekretariat FPL Makassar, Rabu (13/1/16).

Ahmad menjelaskan, Retno dkk sebenarnya bukan berasal dari organisasi Pencinta Alam (PA) atau organisasi penggiat alam lainnya. Tujuan naik gunung di Latimojong sekedar mendaki saja dan ini kali pertama mereka naik gunung.

Selain itu, kata Ahmad, Retno dkk memang sengaja membawa Filox gunanya untuk memberi tanda jejak yang mereka lewati. “Mungkin karena saking gembiranya bisa mencapai puncak jadi mereka coret-coret identitas mereka. Tapi ini salah dan sama sekali tidak diperbolehkan karena sama saja merusak alam dan pemandangannya, ” kata Ahmad.

Untuk mempertanggung jawabnya, kata Ahmad, Retno dkk bersedia untuk mengulang pendakiannya di Latimojong untuk menghapus semua coretannya yang tidak hanya di tugu puncak tapi juga di pos 2 dan rumah petani. “Mereka akan melengkapi laporannya nanti dengan foto hasil coretan yang dihapusnya, ” kata dia.

Selain itu, Retno dkk juga diminta untuk minta maaf kepada seluruh komunitas PA dan penggiat alam di media sosial. “Kita juga minta mereka agar minta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan oleh coretan itu, ”

Rencanaya hari ini (Kamis, 14/1/16) Retno dkk berangkat ke pegunungan Latimojong Enrekang untuk membuktikan ucapannya.

Diberitakan sebelumnya, komunitas PA di Sulawesi Selatan dihebohkan oleh foto yang memuat coretan yang bertuliskan “UNIBOS PGSD 012” di tugu puncak Latimojong. Sejumlah besar aktivis PA pun mencibir dengan berbagai ungkapan. Selengkapnya baca: Coret-coret di Tugu Gunung Latimojong, Oknum Mahasiswa Unibos PGSD 2012 Di-bully


div>