SABTU , 20 OKTOBER 2018

Siap-siap, 2.000 Koperasi akan Ditutup

Reporter:

Nhera

Editor:

asharabdullah

Kamis , 05 Juli 2018 12:15
Siap-siap, 2.000 Koperasi akan Ditutup

Malik Faisal

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ProvinsiSulsel Malik Faisal, mengungkapkan ada sekitar 2.000 koperasi di Sulsel yang kembali akan ditutup.

Meski demikian, Malik Faisal mengaku masih menunggu keputusan dari Kementerian Koperasi dan UKM. “Diakhir tahun 2017 telah ditutup koperasi sebanyak 1.311 koperasi dari 3500 yang diusulkan yang ditutup, nah masih ada sekitar kurang lebih 2.000 koperasi menunggu keputusan dari kementerian,” ujar Malik Faisal saat ditemui, Rabu (4/7) kemarin.

Permasalahan koperasi yang belum dibuburkan oleh pihak kementerian dikarenakan masih terkendala oleh masalah hukum, aset serta permasalahan lainnya.

“Koperasi tersebut masih dalam proses di pengadilan maupun kepolisian sehingga belum bisa di proses pihak kementerian. Tentang kapan proses penutupannya, kami pun belum tahu yang jelas kami berharap segera mendapatkan surat keputusan untuk segera ditutup,” lanjutnya.

Koperasi ditutup, lanjut dia dikarenakan tidak aktifnya koperasi selama tiga tahun berturut-turut dan tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) jika hal tersebut tidak dilaksanakan maka sudah memenuhi penutupan.

“Kota dan kabupaten yang paling banyak koperasi ditutup yakni Makassar, Bone dan Gowa. Hal tersebut dilihat berdasarkan jumlah penduduk,” kata Malik.

Koperasi yang tidak ingin ditutup harus aktif dan rutin melaksanakan RAT. Selain itu, yang paling penting adalah koperasi seharusnya memiliki kualitas, dan memiliki manfaat kepada masyakarat.

“Karena berdirinya sebuah koperasi harus ada kerjasama bersama anggota agar koperasi tetap bisa berjalan sesuai dengan fungsinya dan bisa bermanfaat untuk masyakarat,” tutupnya. (*)


div>