SENIN , 22 OKTOBER 2018

Sidang Kasus ITE Pertama di Enrekang, Terdakwa Protes Saksi Legislator Pesta Miras

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Selasa , 05 Januari 2016 19:25

ENREKANG,RAKYATSULSEL.COM – Sidang kasus pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang mendudukan Wawan Darmawan sebagai terdakwa kembali digelar di Pengadilan Negeri Enrekang, Selasa (5/1/16). Wawan dilaporkan oleh Disman Duma anggota DPRD dari Partai PAN.

Sidang kedua yang dipimpin oleh Hakim Ketua Yasri. SH hanyad dihadiri oleh Kepala Bidang Peralatan Dinas PU Refis sebagai saksi. Padahal ada empat saksi sebagaimana dalam BAP yang dibuat Wawan.

Selain Refis, ada H. Sa’ban, Suparman dan Syamsul. Namun yang dipanggil dipersidangan hanya Refis dan Sudarman alias Sudar. Sementara Wawan tidak mengenal Sudarman alias Sudar itu.

Penasehat Hukum Wawan, Supriadi,SH, meminta agar sidang ditunda hingga 12 Januari 2016 mendatang dan dengan menghadirkan dua saksi yang meringankan Wawan.

Kehadiran Wawan yang tidak dikenal itulah menjadi pemicu keributan di luar persidangan. Baik Wawan mau pun keluarga terlihat emosi atas kehadiran nama lain yang disebut oleh hakim.

Bahkan Hamdani Juma kakak tersangka heran kenapa saksi yang dimasukkan dalam BAP berbeda dengan saksi yang dihadirkan di persidangan.

“Itu bukan saksi Wawan. Mana mungkin Sudar keponakan Disman sebagai pelapor bisa jadi saksinya Wawan. Saya yakin ini ada permainan” kata Hamdani

Begitu juga Hedrawati Abdullah yang juga Kakak Wawan. Kenapa saksi yang diusulkan wawan di BAP bisa diganti. “Seharusnya disitu Suparman, bukan Sudarman Alias Sudar. Susah memang kalau rakyat kecil yang jadi tersangka, selalu saja kita yang jadi korban, ” teriak Hendrawati yang emosi.

Sementara itu Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yusran menerangkan bahwa pihaknya hanya menerima dan memeriksa berkas yang di limpahkan pihak penyidik kepolisian, tentang siapa yang menjadi saksi itu sudah tertuang di BAP.

Kasus ini mencuat setelah tersangka mempublis gambar dan tulisan pesta minuman keras di Facebook pada Oktober 2015 lalu. Dalam foto itu salah satunya diduga adalah Disman Duma sebagai Ketua Komisi III DPRD Enrekang.

Disman kemudian melaporkan Wawan yang masih bertstatus honorer Dinas PU Enrekang ini ke pihak berwajib atas dugaan pencemaran nama baik. Selengkapnya: Upload Foto Pesta Bir, Honorer Dipolisikan Anggota DPRD Enrekang


Tag
  • legislator
  •  
    div>