• Selasa, 23 September 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Sidrap Bakal Bangun Empat RPH Modern

Tersebar Di Empat Kecamatan

Sabtu , 22 September 2012 10:07
Total Pembaca : 307 Views

Baca juga

SIDRAP – Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan), merencanakan akan membangun empat unit Rumah Potong Hewan (RPH) Modern, di empat titik lokasi Kecamatan yakni, Kecamatan Watang Pulu, Panca Rijang, Dua Pitue, dan di Kelurahan Amparita.

Kepastian tersebut dilontarkan Kepala Disnakkan Sidrap, Ir Abd Azis MM, saat ditemui dikantornya, Jumat, (21/9) kemarin. “Rencana pembangunan 4 RPH itu untuk menjamin kualitas daging sapi, terlebih animo komsumsi masyarakat di Sidrap sangat tinggi,” kata Azis.

Menurut Azis, selama ini peredaran daging di Sidrap tidak terjamin mutu kualitasnya, minat makan daging masyarakat juga itu tinggi, makanya solusinya pemerintah wajib menyediakan tempat penyembelihan hewan yang standar halal.

Menurutnya, RPH ini akan menjadi percontohan. Sebab dibangun lebih modern, dan akan mampu menyembelih sedikitnya 3 ekor hewan berupa sapi dalam perharinya. Selain itu higienitas daging hasil pemotongan juga diperhitungkan.

“Animo komsumsi daging setiapnya itu bisa dikalkulasikan mencapai 3 ekor perhari, makanya RPH ini sebagai tempat menjamin higienisnya daging,” jelasnya.

Rencananya, fasilitas tempat penyembelihan di Patommo Kecamatan Watang Pulu ini akan dirampungkan Desember mendatang. “RPH di Patommo itu, sudah masuk mengakomodir pemotongan untuk wilayah Maritengae dan akan selesai pembangunnya tahun ini,” kata Azis.

Begitu juga untuk kelurahan Rappang, kecamatan Panca Rijang, juga akan dibangun 1 unit RPH yang akan mampu mengakomodir wilayah kecamatan Kulo dan Baranti.

Sementara wilayah Selatan, lanjut dia, 1 unit di kelurahan Amparita itu bisa menampung penyembelihan hewan diwilayah Kecamatan tellu Limpoe dan Panca Lautang.

Satu unit RPH juga akan dipusatkan di Kecamatan Dua Pitue, tepatnya di kelurahan Tanrutedong, yang nantinya kebutuhan dua kecamatan lainnya yakni Pitu Riase dan Pitu Riawa juga akan terakomodir.

“3 unit RPH ini, proses pembangunanya akan diusulkan pada anggaran APBD tahun 2013 mendatang. Semunya akan mengakomodir masing-masing 3 kecamatan disekitarnya” katanya.

Azis menambahkan, jumlah populasi peternakan Sapi di Sidrap dari data tahun lalu itu mencapai 38 ribu ekor, yang terdiri 36 ribu ekor sapi, dan populasi kerbau mencapai 2000 ekor lebih.

“Data ini berdasarkan akurasi statistik jumlah populasi sapi dan kerbau di Kabupaten Sidrap, mencapai 38 ribu ekor sapi dan kerbau,” tandasnya. (k10/dj/C)