RABU , 21 NOVEMBER 2018

Simak Nih Manfaat Ketika Anak Mendengar Dongeng, Ajaib!

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Selasa , 01 Agustus 2017 22:56
Simak Nih Manfaat Ketika Anak Mendengar Dongeng, Ajaib!

int

RAKYATSULSEL.COM– Setiap anak rata-rata pasti pernah dibacakan dongeng oleh orang tuanya, khususnya oleh sang bunda. Dongeng dapat menstimulasi daya berpikir dan fungsi kognitif anak, bahkan sejak dalam masa kandungan. Daya imajinasi mereka dapat berkembang sehingga membuat mereka tumbuh kembang dengan daya pikir yang kreatif.

Rumah Amalia Ciledug kembali mengadakan sebuah kegiatan dalam rangka Hari Anak Nasional 2017, Ceria dan Berkarya. Sasarannya adalah anak-anak istimewa dari kalangan yatim piatu dan kaum duafa. Mereka antusias dalam mendengarkan dongeng.

Ketua Rumah Amalia Muhamad Agus Syafii mengatakan, mendongeng dapat menjadi stimulan bagi anak karena dalam proses alamiahnya seorang anak akan banyak belajar ketika dia mendapatkan cerita. Cerita itu akan diceritakan kembali oleh anak-anak kepada teman-temannya.

“Ada nilai moral di situ. Mendongeng manfaatnya sangat banyak tidak hanya mengembangkan kemampuan berbahasa anak dengan mendengarkan struktur kalimat, tetapi juga dapat merangsang imajinasi dan kreativitas serta dapat memperkenalkan ide-ide yang baru,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (1/8).

Dongeng dapat menanamkan budi pekerti dan pendidikan karakter. Berbagai cerita yang disampaikan dari mulai kisah hewan (fabel) hingga cerita rakyat nusantara. Sehingga anak dapat memetik pesan moral yang disampaikan di akhir cerita.

Agus mengungkapkan, dongeng juga dapat mencegah anak dari perbuatan bullying yang semakin marak. Anak akan terhindar melakukan bully karena dalam setiap dongeng pasti ada pendidikan karakter yang ditanamkan oleh orang tua.

“Hal ini menjadi perhatian khusus kami sehingga kami berusaha mengadakan kegiatan yang bersifat positif dan mengajak anak menjauhi bullying. Anak-anak dapat lebih kreatif, positif, dan inovatif,” ungkapnya.(ika/JPC)


div>