RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Simbang Wakili Maros Ikuti Lomba TOGA Tingkat Provinsi

Reporter:

Iqbal

Editor:

Lukman

Jumat , 25 Mei 2018 23:59
Simbang Wakili Maros Ikuti Lomba TOGA Tingkat Provinsi

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan, Hariani Jompa saat datang melakukan penilaian di lokasi TOGA, tepatnya di Dusun Garantiga, Desa Simbang.

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Kecamatan Simbang wakili Kabupaten Maros dalam lomba Tanaman Obat Keluarga (TOGA) tingkat Provinsi dan selanjutnya ke tingkat Nasional, Jum’at, 25 Mei 2018.

Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Kesehatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat jika obat tak harus dibeli dari Apotek. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan, Hariani Jompa saat datang melakukan penilaian di lokasi TOGA, tepatnya di Dusun Garantiga, Desa Simbang.

“Lomba ini sebenarnya bertujuan untuk memberi pemahaman kepada kita semua, bahwa obat itu tidak selalu dalam bentuk pil, tablet dan bentuk lainnya yang harus kita beli dari Apotek. Akan tetapi, obat itu ternyata sangat dekat dengan kita, yakni ramuan dari tanaman di sekitar rumah kita,” ujarnya, Jum’at (25/05).

Hariani juga mengatakan, jika Indonesia tak cukup baik bila hanya dipandang dari sisi kesehatan masyarakatnya. Tanpa pernah tahu bahwa di sekitarnya banyak aneka tanaman obat.

“Negara kita ini tidak cukup baik, kalau hanya kita lihat dari sisi kesehatan fisik masyarakatnya. Namun tak pernah tahu bahwa di sekitar kita semua ternyata bertebaran berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan obat dan tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan kita,” sambungnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, jika masyarakat diminta untuk menanam beberapa jenis tanaman obat di sekitaran rumah mereka.

“Masyarakat Simbang, baik itu di Garantiga maupun di dusun lain. Kami harapkan dapat menanam beberapa jenis tanaman, seperti Temu Kunci, Sambung Jiwa, Lavender, Kayu Urip, Cocor Bebek, Cabiroto, Kumis Kucing, dan lainnya. Karena beberapa jenis tanaman ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan kita,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, salah satu anggota PKK Simbang, Mardia Dg. Ratang mengatakan, jika tanaman tersebut tidak sulit ditemui dan cenderung mudah untuk tumbuh.

“Berbagai jenis tanaman ini tidak susah ji kita’ temui, mudah ji juga tumbuh jadi bisa ji ditanam di dekat rumah ta’. Karena selain memberi manfaat, bagus juga ki diliat ka jadi tanaman hias mi juga. Banyak sekali manfaatnya,” ungkapnya. (*)


div>