SENIN , 17 DESEMBER 2018

Simulasi Perubahan Arus Kawasan Pantai Losari Dimulai

Reporter:

Iskanto

Editor:

Jumat , 05 Oktober 2018 13:40
Simulasi Perubahan Arus Kawasan Pantai Losari Dimulai

Kadis Perhubungan Makassar, Mario Said. (Ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Simulasi perubahan arus jalan lalu lintas dikawasan pantai losari Kecamatan Ujung Pandang di mulai, Kamis (4/10). Simulasi tersebut berlangsung selama dua jam sembari mensosialisasikan kepada pengguna kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Mario Said mengatakan, pihaknya telah melakukan ujicoba selama dua jam, meski begitu simulasi ini tidak berjalan efektif karena bertepatan dengan acara di jalan Alauddin yang mengarah ke jalan Sudirman.

“Tadi itu kita sudah simulasi uji coba pertama perubahan arus. Kendalanya ada acara di rujab Gubernur dan ramai juga sehingga ini belum efektif, uji coba selanjutnya kita koordinasi lagi dengan kepolisian,” ucap Mario, Kamis (4/10).

Kata Mario, uji coba selanjutnya direncanakan, Sabtu (6/10) dengan lokasi yang sama. Untuk memaksimalkan perubahan arus, Dishub akan melakukan evaluasi setiap dilakukan uji coba sehingga, perubahan arus secara permanen tidak terjadi masalah nantinya.

“Kita rapat dengan tim kami dan dengan pihak satlantas, kira-kira seperti apa evaluasinya,” ucapnya.

Kata Mario, simulasi perubagan arus pastinya sejumlah pengendara mengalami ketidakpahaman dan bingung. Olehnya itu, tim memberikan sosialisasi berupa pemahaman.

“Perubahan ini harus ada simulasi agar masyarakat terbiasa dengan situasi dan kondisi perubahan tersebut. Masih banyak orang yang bingung dan tim berikan pemahaman,” ucapnya.

“Kita upayakan tiap hari sampai pada hari pembukaan event F8, Rabu (10/10) mendatang,” lanjutnya.

Kedepan, kata Mario, tim perubahan arus akan tetap dilanjutkan dan ada evaluasi setiap simulasi dilakukan. Harapannya, jika evaluasi dan dirasa efektif maka perubahan arus akan dilakukan secara permanen.

“Tiap hari itu kita lihat situasi dan kondisinya, kalau misalnya kondisinya padat kita normalkan dulu, kalau misalnya berjalan bagus dan masyarakat terbiasa maka panjang waktunya kita simulasi,” ungkapnya.

Simulasi perubahan arus uji coba pertama dilakukan dari arah Jalan Patimura ke Jalan Pasar Ikan terus ke Jalan Penghibur. Dimana sebelumnya jalan tersebut dari arah Jalan Penghibur ke Jalan Pasar Ikan terus ke Jalan Nusantara-Jalan Ahmad Yani.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto mengakui, simulasi perubahan arus di kawasan Pantai Losari belum berjalan efektif karena adanya kegiatan di jalan Sudirman.
“Setelah ulang tahun TNI, kita uji coba lagi,” singkat Danny.

Lanjut Danny, uji coba perubahan arus yang dilakukan ini belum bisa dijadikan bahan evaluasi, karena belum berjalan maksimal. Uji coba selanjutnya, pihaknya akan menambah waktu simulasi untuk bisa di evaluasi.

“Secara bertahap, kita tingkatkan waktu, kalau hari ini dua jam, berikutnya empat jam dan seterusnya biar masyarakat terbiasa,” harapnya. (*)


div>