SELASA , 11 DESEMBER 2018

Sinjai Jadi Pilot Proyek Cluster Inovasi Gula Aren

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 12 September 2017 14:00
Sinjai Jadi Pilot Proyek Cluster Inovasi Gula Aren

ilustrasi. (int)

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Kementerian Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadikan Desa Bonto Sinala, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai sebagai pilot proyek cluster gula aren.

Lokasi ini dipilih karena daerah tersebut memiliki infrasruktur jalan yang baik sampai ke lokasi dan areal aren serta potensi gula aren juga cukup besar yang mampu menghasilkan kurang lebih 4.000 liter setiap hari.

Bupati Sinjai, Sabirin Yahya menyampaikan terima kasih atas perhatian, dukungan dan bantuan Kemenristek Dikti dan LP2M Unhas atas kepercayaannya kepada Kabupaten Sinjai dalam pengembangan program ini.

“Kami berharap semoga dukungan ini terus berjalan dan masyarakat Sinjai khususnya Desa Bonto Sinala, Sinjai Borong dapat meningkat penghasilan dan kesejahteraannya. Insya Allah,”ucapya, Selasa (12/9).

Sebelumnya, Ketua Tim Claster Inovasi Gula Aren, Syahidah, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan komitmen Kabupaten Sinjai dalam mensukseskan program cluster industri aren ini.

Menurutnya, langkah awal yang telah dilakukan adalah bimbingan teknis penyadapan nira aren yang sesuai standar GMP.

“Pemilihan Kabupaten Sinjai khususnya Desa Bonto Sinala Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai sebagai pilot proyek cluster inovasi gula aren karena¬† sarana infrasruktur jalan cukup baik sampai ke lokasi dan areal aren, Selain itu, potensinya cukup besar yang mampu menghasilkan kurang lebih 4000 liter per hari,” pungkasnya.


div>