KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Sinjai Suplai Hewan Kurban Ke Luar Daerah

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 22 September 2015 13:15

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Tingginya populasi sapi di Kabupaten Sinjai membuat daerah ini menjadi pemasok stok sapi kurban untuk wilayah Sulawesi Selatan menjelang Idul Adha 1436 Hijriyah. Bahkan, Sinjai juga menyuplai ternak sapi ke luar daerah seperti ke Kalimantan dan beberapa daerah lain di luar Sulsel.

‪Kabag Humas Sinjai, Muh Sabir Syur mengatakan, stok sapi kurban di Sinjai hingga saat ini masih aman. “Sapi kurban di Sinjai hingga saat ini masih aman. Justru hewan kurban asal Sinjai yang dilempar keluar daerah hingga keluar pulau seperti di Kalimantan. Bahkan dua minggu terakhir ini, sudah ada sekitar seribuan lebih sapi asal Sinjai yang dikirim ke luar pulau. Tapi sebelum dikirim, ternak tersebut harus melalui pemeriksaan fisik maupun administrasi,” jelas Sabir Nur, Selasa (22/09).

‪Lebih lanjut, Muh Sabir menjelaskan bahwa untuk saat ini, terkait hewan yang akan dipotong, pihak pemerintah Sinjai telah melakukan pengawasan ketat di tempat-tempat pemotongan oleh tim periksa hewan, agar kondisi sapi yang akan dipotong tetap sehat dan layak untuk dikonsumsi masyarakat.‬

‪Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, Drh. Aminuddin Zainuddin mengatakan bahwa stok daging sapi di kabupaten sinjai ini sangat aman. Bahkan hewan kurban sangat mencukupi. “Sejak dua minggu terakhir, sudah ada sekitar seribu ekor sapi yang disuplai ke luar kabupaten bahkan provinsi, seperti di daerah kalimantan dan sulbar,” pungkasnya.

Menurutnya, populasi ternak sapi di Sinjai mencapai 89 ribu ekor, sehingga pemerintah Sinjai menjamin dapat memenuhi kebutuhan ternak sapi, baik untuk persediaan daging dan juga hewan kurban.
“Populasi sapi kita sangat tinggi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan stok daging sapi,” jelasnya.

‪Sementara itu, Sekretaris Dinas Peternakan, Irwan Suaib mengatakan jika sebelumnya pihak pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dan Peternakan, memasang target bahwa Kabupaten Sinjai dapat mengembangkan ternak sapi hingga mencapai 20 ribu ekor sapi. Namun di bawah binaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, para peternak di Kabupaten Sinjai berhasil mengembangkan populasi sapi ternak mencapai 80 ribu ekor pada 2015.‬

“Ini merupakan satu keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program kementerian, di mana target yang diberikan telah kita capai, bahkan melebihi hingga 400 persen,” ungkap Irwan.


div>