SELASA , 12 DESEMBER 2017

‘Siri na Pesse’, Konsep KPU Parepare Wujudkan Pilkada Berbudaya dan Bermartabat

Reporter:

Editor:

niar

Selasa , 24 Oktober 2017 14:06
‘Siri na Pesse’, Konsep KPU Parepare Wujudkan Pilkada Berbudaya dan Bermartabat

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Dalam mewujudkan Pilkada yang berbudaya dan bermartabat, KPU Kota Parepare mengusung konsep ‘Siri na Pacce’ atau ‘Pesse’ dalam berpilkada.

Tatanan nilai dan falsafah masyarakat Bugis ini, diulas Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Parepare, Mursalim Muslimin melalui kegiatan ‘Cafe Democracy’ dengan menghadirkan sejumlah Insan Pers dan Panwas duduk bersama berdiskusi perihal tahapan Pilkada 2018. Kegiatan ini digelar di Cafe Ambhank, Kota Parepare, Selasa, (24/10/2017).

“Hadirnya budaya ‘Siri’ dan ‘Pesse’ dapat menekan adanya kesan seram dalam berpilkada. Melalui budaya Siri na Pesse ini kita dapat melahirkan Pilkada berbudaya dan bermartabat, serta penyelenggara yang berintegritas,” papar Mursalim Muslimin.

Diuraikan, mengkampanyekan budaya Siri’ na Pesse dapat memotivasi semangat dan peran serta dalam menyukseskan Pilkada 2018 mendatang. Termasuk kata dia, Pers dengan peran penyajian berita yang faktual, Panwas dengan peran pengawasannya, dan pemilih yang rasional dalam memilih.

“Siri’ atau malu yang kami maksud, yaitu malu berpolitik uang, malu mendiskriminasi, dan ‘Pesse’ atau teguh atau empati dalam mengedepankan independensi dalam membangun sinergitas,” detail Mursalim. (Rahmaniar)


div>