• Minggu, 23 November 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Sistem Pengawasan Dinas Perhubungan Bermasalah

Rabu , 22 Mei 2013 15:07
Total Pembaca : 265 Views
Mujiburrahman, Anggota DPRD Makassar

Baca juga

Kerusakan sejumlah traffic light (lampu merah) di Kota Makassar menjadi hal yang sangat meresahkan utamanya bagi para pengendara. Sebab dengan rusaknya alat yang berfungsi mengatur arus lalu lintas ini sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal. Lalu, bagaimana tanggapan Anggota DPRD Makassar terkait masalah ini?

Berikut petikan wawancara Rakyat Sulsel dengan Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Mudjiburrahman.

 

+ Bagaimana tanggapan Anda mengenai banyaknya lampu merah yang rusak?

- Traffic light ini kan ada dalam satu sistem dan mekanisme. Mulai dari pengadaan, pemilihan titik atau lokasi, tahap pemasangan, sampai kegiatan monitoring dan evaluasi. Jika sistem ini bisa berjalan secara berkesinambungan dan baik, maka tentu kerusakan traffic light ini tidak perlu terjadi.

 

+ Jadi dengan adanya lampu merah yang tidak berfungsi berarti ada sistem yang tak bekerja?

- Jika kita melihat, tentu yang ber masalah disini adalah pengawasan yang dilakukan oleh dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan. Sebab, dalam monitoring dan evaluasi itu ada proses survei yang dilakukan. Survei ini dilakukan untuk melihat mana-mana saja lampu merah yang rusak dan harus sesegera mungkin diperbaiki.

 

+ Apakah kelemahan ini sudah dikonsultasikan dengan pihak terkait ?

- Kita sudah sering memberikan pernyataan itu jika sedang rapat dengan pihak Dinas Perhubungan. Tetapi mereka selalu beralasan menunggu anggaran, sebab katanya jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan (lampu merah) ini cukup besar.

 

+ Lantas bagaimana dengan permasalahan anggaran yang selalu menjadi alasan bagi Dinas Perhubungan ?

- Dana memang menjadi persoalan, apalagi anggaran terbatas. Tetapi seharusnya hal tersebut bisa disiasati dengan menjalankan program atau sistem sesuai dengan tuntunan dan keuangan daerah kita. Di sinilah Dinas Perhubungan dituntut untuk berpikir kreatif bagaimana mencari solusi yang tepat. Dan saya pikir jika mereka (Dinas Perhubungan) bisa menjalankan sistem tersebut secara berkelanjutan tentu tidak akan menjadi persoalan, karena perbaikannya sedikit demi sedikit.

 

+ Apa harapan Anda kepada Dinas Perhubungan?

- Tentu kita berharap agar Dinas Perhubungan bisa melakukan monitoring dan evaluasi yang optimal terhadap keberadaan lampu merah ini. Selain itu, hal-hal lain yang juga bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan, seperti tawuran dan pengrusakan, bisa diatasi. Tentu dengan bekerja sama dengan pihak lain, seperti kepolisian. (M1/eui)