JUMAT , 20 JULI 2018

Siswa Sekolah Antusias Ikut Program Jaksa Masuk Sekolah

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 25 Februari 2016 18:15

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar meluncurkan program Jaksa Masuk Sekolah, Kamis (25/2) di Lapangan Karebosi. Program tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar, Hidayatullah.

Pembukaan program Jaksa Masuk Sekolah yang mengangkat tema ‘Mari Kita Wujudkan Generasi Penerus Bangsa Yang Taat Hukum’, sedikitnya diikuti 15.000 siswa dari seluruh SMA/SMK di Makassar.

Pelaksana kegiatan, Andi Fajar Anugrah Setiawan mengatakan, kegiatan ini merupakan intruksi Presiden RI dan Jaksa Agung. Dalam program itu, ada beberapa pokok penting yang akan dilaksanakan. Seperti memberikan materi-materi hukum di sekolah sebagai bentuk penyuluhan hukum.

“Ini merupakan intruksi presiden dan Jaksa Agung. Untuk pemberian materi hukum akan dilaksanakan setiap Kamis minggu kedua dan minggu ketiga pada bulan Maret hingga Desember. Itu telah disepakati dan ditentukan antara pelaksana kegiatan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Makassar,” ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Makassar ini menambahkan, dalam program Jaksa Masuk Jaksa ini, pihaknya akan memberikan bekal atau materi hukum kepada siswa-siswi di sekolah dan ini merupakan kurikulum lokal. Pelaksanaanya akan dilakukan pada Selasa minggu keempat.

“Mulai bulan depan, program ini dijalankan. Kita akan sasar SMA/SMK yang di Makassar,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, para siswa sekolah dapat berkunjung ke Kejaksaan untuk belajar dan akan diberi pengarahan terkait penegakan hukum. “Selanjutnya nanti akan dilakukan pemilihan Duta Adhyaksa. Kategorinya, kepribadian yang tangguh, berwawasan nusantara, pemahaman penegakan hukum untuk penguatan institusi Kejaksaan dalam bentuk aktualisasi,” terangnya.

“Duta Adhyaksa yang terpilih akan mendapatkan bea siswa yang telah disepakati Dinas Pendidikan Kota Makassar. Siswa yang terpilih itu, juga diharapkan bisa mewakili kejaksaan tahun berikutnya pada proses Program Jaksa Masuk Sekolah,” pungkasnya.


div>