Siswa SMKN 1 Palopo Buat Handphone Tanpa Pulsa | Rakyat Sulsel

Siswa SMKN 1 Palopo Buat Handphone Tanpa Pulsa

Diberi Nama Alkotabiko

Selasa , 16 Oktober 2012 09:31
Total Pembaca : 1689 Views
ilustrasi

Baca juga

ilustrasi

PALOPO – Salah satu siswa SMK Negeri 1 Palopo, Hery Aditya, menciptakan telepon tanpa menggunakan pulsa. Alat ini, juga bisa berfungsi ganda, selain sebagai telepon, juga bisa sebagai pendeteksi gempa dan sensor gerak yang dapat berguna sebagai alarm.

Penemuan Hery Aditya tergolong luar biasa, siswa kelas 2 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMKN 1 Palopo ini, merakit sendiri alat yang ia beri nama Alkotabiko (alat komunikasi tanpa biaya komunikasi), dengan melakukan rekayasa gelombang suara radio, pengguna Alkotabiko dapat berkomunikasi dua arah tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli pulsa.

“Alkotabiko ini berbeda dengan handy talky. Letak perbedaannya, handy talky menggunakan komunikasi satu arah, sementara Alkotabiko memakai komunikasi dua arah,” jelas Hery.

Bisa dibayangkan, jika alat yang menggunakan pancaran suara gelombang radio ini diproduksi secara massal, maka bisa bersaing dengan perusahaan operator seluler saat ini.

Menurut sang penemu, ini merupakan uji coba yang ke-64, dengan alat tersebut pengguna bisa melakukan percakapan dalam radius 20 meter bahkan sampai 60 kilometer.

“Alkotabiko masih memerlukan booster, sehingga kita bisa melakukan komunikasi hingga radius 60 km,” terang Hery.

Setelah alat tersebut dinyatakan rampung, Hery kembali akan membuat cassingnya. Bentuk cassing tersebut lebih kecil dibanding cassing hand phone pada umumnya.

“Alkotabiko yang masih dalam bentuk rakitan, nanti akan dilengkapi cassing yang model dan bentuknya lebih minimalis,” beber siswa asal Mangkutana yang hobby mata pelajaran Fisika.

Hery mengisahkan motivasinya menciptakan Alkotabiko. Awalnya, Hery merasa tertantang, setelah pacarnya yang juga masih satu sekolah dengan dirinya, berhasil menciptakan puisi.

“Dari situ, saya terus mengembangkan kemampuan saya dengan bermodalkan pengetahuan Fisika, saya kemudian merakit dan merekayasa gelombang radio hingga sukses menemukan Alkotabiko. Hal ini, juga tak lepas dari motivasi yang diberikan guru pembimbing saya, Muhammad Idrus SPd, beliau adalah motivator bagi saya,” ucap Hery.

Sementara, tujuannnya menciptakan Alkotabiko, Hery terinspirasi dengan banyaknya orang yang memakai alat komunikasi, dengan Alkotabiko merupakan alat komunikasi yang dapat meminimalisir biaya komunikasi. ”Harapan saya, mudah-mudahan temuan ini dapat bermanfaat bagi orang banyak,” imbuhnya. (k14/dj/D)