KAMIS , 24 JANUARI 2019

SK Kemendagri Hambat Pelantikan Kada Terpilih

Reporter:

Iskanto

Editor:

Al Amin Malliuri

Selasa , 18 September 2018 10:59
SK Kemendagri Hambat Pelantikan Kada Terpilih

ilustrasi (Ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pelantikan bupati/wali kota terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018 lalu untuk tahap pertama, masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Pada tahap pertama, pasangan bupati dan wali kota yang akan dilantik adalah Bantaeng, Bone, Sinjai, dan Palopo. Kepala daerah di daerah tersebut segera berakhir periode masa jabatannya.

“Kita hanya bergantung pada SK dari Kementerian Dalam Negeri, kalau SK turun, langsung kita persiapkan pelantikan. Ini gimana mau persiapan pelantikan, belum ada SK-nya,” kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA), Senin (17/9).
Pelantikan, kata NA, harus dilakukan paling lambat 27 September nanti. Adapun terkait SK, ia masih menunggu untuk Bantaeng dan Palopo.

“Kita menunggu SK saja kok, masih ada dua belum, Bantaeng dengan Palopo, itu belum selesai. Kalau itu selesai, kita persiapkan pelantikan,” paparnya.
Terkait adanya informasi yang beredar bahwa pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 19 September, Nurdin juga memberikan tanggapan. “Itu pun masih kira-kira, karena kita masih menunggu SK-kan belum turun,” pungkasnya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Tautoto Tana Ranggina mengatakan, jika jadwal pelantikan empat kepala daerah terpilih itu dilaksanakan setelah Pekan Olahraga Daerah (Porda). Porda Sulsel sendiri akan berlangsung 23 September di Pinrang. “Yang jelas setelah Porda tanggal 23 September,” katanya.

Ia melanjutkan, jadwal pelantikan ini berpatokan pada penetapan Bupati Bantaeng. “Bantaeng ini yang menjadi patokan, kalau Bantaeng sudah fiks yang lain mengikut. Sementara Tempatnya di Makassar itu juga belum fiks. Ada yang bilang di Unhas, nanti kita minta petunjuk gubernur,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono menyebutkan, SK tiga kepala daerah telah rampung, yaitu Kabupaten Bone, Sinjai dan Kota Palopo. Sementara untuk SK Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng belum selesai.

“Masih menunggu Bantaeng, mungkin dua hari ini selesai. Dari awal memang sudah agak lambat, plus berkas ada masih kurang sehingga tertinggal dari yang lainnya. Kelengkapan berkas usulan, ada satu lembar yang tertinggal saja,” ungkapnya.

Seperti diketahui empat kepala daerah yang dilantik bulan September yaitu Ilham Azikin-Sahabuddin (Bantaeng), Andi Seto Ghadista Asapa- Andi Kartini Ottong (Sinjai), Andi Fashar M Padjalangi-Ambo Dalle (Bone) dan Judas Amir- Rahmat Masri (Palopo). (*)


div>