SABTU , 15 DESEMBER 2018

SK Penunjukan Ketua DPW PAN Sulsel Tak Pengaruhi Pilkada Takalar

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 05 April 2016 18:40

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Ketidakjelasan jadwal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) dalam mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penunjukan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, membuat lima formatur panas dingin.

Hal tersebut tentunya beralasan, sebab menjelang satu bulan setelah pelaksanaan Musyawarah Wilayah DPW PAN Sulsel di Hotel Singgasana lalu, DPP masih menggantung siapa gerangan yang akan memimpin DPW PAN Sulsel lima tahun ke depan.

Selain itu, masih simpang siurnya informasi terkait keluarnya SK tersebut, juga telah membuat khawatir kader PAN di Sulsel. Hal tersebut dikarenakan sebelum pelaksanaan Musyawarah Daerah pada tiap Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN se-Sulsel terlebih dahulu harus dibentuk pengurus di DPW PAN Sulsel.

Bukan hanya itu, pelaksanaan Pilkada serentak di Sulsel yang hanya diikuti oleh kabupaten Takalar di Sulsel kuga sepertinya akan kena imbasnya. Sebab, beberapa partai telah melakukan tahap penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati seperti PDIP dan NasDem.

Terkait hal tersebut, Wakil Bendahara Umum DPP PAN, Basiruddin mengatakan, belum keluarnya SK ketua DPW PAN Sulsel tidak akan mempengaruhi proses Pilkada serentak di daerah. Menurutnya, untuk mentaktisi pelaksanaan Pilkada serentak DPP telah membentuk Desk Pilkada.

“Terlambatnya keluar SK ketua DPW PAN Sulsel tidak akan menghambat proses Pilkada yang ada di sana dan Pilkada pada daerah lainnya karena kan DPP sudah membentuk Desk Pilkada yang akan bekerja dalam menjaring dan menentukan usungan PAN,” terangnya.

Ia menambahkan, tiap daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak nantinya akan dilakukan penjaringan oleh DPW maupun DPD pengurus demisioner. Namun, ia juga berharap agar proses penunjukan SK ketua DPW di percepat sehingga dapat mempercepat proses pelaksanaan agenda partai di daerah.

“Setiap pengurus demisioner DPW maupun DPD yang ada daerah dan akan melaksanakan Pilkada pada 2017 mendatang tetap akan melakukan penjaringan terhadap bakal calon yang akan diusung oleh partai,” ujarnya.

Sementara itu, Pakar Politik Universitas Hasanuddin, Aswar Hasan mengatakan, terlambatnya keluar SK penunjukan ketua DPW PAN Sulsel tidak akan berpengaruh pada pelaksanaan Pilkada serentak 2017. Ia menilai, sepanjang masih tidak ada konflik internal.

“Saya kira beda domainnya antara keluar SK penunjukan ketua dan pelaksanaan proses Pilkada, dan saya kira hal tersebut tidak terlalu berpengaruh, yang jelas tidak ada konflik internal,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait terlambatnya keluar SK penunjukan ketua DPW PAN Sulsel disebabkan masih alotnya lobi dan negosiasi antar elit DPP PAN. Namun, ia mengindikasikan nantinya akan keluar SK sebelum pelaksanaan tahapan Pilkada serentak.

“Saya kira SK penunjukan ketua DPW PAN Sulsel belum keluar karena masih alotnya lobi dan negosiasi antar elit yang pad DPP PAN, yang pasti SK akan keluar sebelum tahapan Pilkada serentak dimulai,” pungkasnya.


Tag
  • pan sulsel
  •  
    div>