RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Skor Akhir PSM 3-1 Persela, Ada Gol Kilat, Dua Pemain Diusir Wasit

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 17 April 2017 09:48
Skor Akhir PSM 3-1 Persela, Ada Gol Kilat, Dua Pemain Diusir Wasit

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — Babak pertama laga PSM Makassar kontra Persela berpihak penuh bagi tuan rumah. Sampai turun minum, PSM unggul tiga gol di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Minggu (16/4/2017).

PSM langsung menyerang setelah kick-off. Belum sampai satu menit laga berjalan, PSM langsung membuka keunggulan. Berawal dari sebuah tendangan bebas, bola langsung diarahkan ke kotak penalti Persela. Reinaldo Elias sukses membuat gol meski dikawal bek Persela.

Gol pembuka dari Reinaldo merupakan gol tercepat pada ajang Liga 1 sejauh ini. Gol itu tercipta saat laga baru berjalan 50 detik.

Persela coba merespons ketertinggalan. Rapatnya pertahanan PSM membuat pemain Persela kerap melakukan tembakan spekulasi.

Seperti yang dilakukan Samsul Arip di menit 16. Eks Persib Bandung ini melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti, sayang arah bola masih terlalu tinggi dari sasaran.

Alih-alih berusaha menyamakan skor, Persela justru kembali tertinggal di menit 22. Sebuah umpan crossing dari sisi kiri, terpaksa membuat Choirul Huda keluar dari sarangnya.

Namun, kiper Persela tersebut justru bertabrakan dengan rekan setimnya dan tergeletak di lapangan. Dengan muda, Jan Pluim menceploskan di kulit bundar untuk kedua kalinya ke gawang Persela.

Lima menit jelang babak pertama usai, Persela kebobolan untuk ketiga kalinya. Kini giliran M. Rahmat yang mencatatkan namanya di papan skor.

Setelah menerima umpan pendek dari Reinaldo, Rahmat mampu mengakhiri dengan sepakan mendatar yang tak mampu dihalau Choirul Huda. Skor 3-0 bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, pasukan Robert Alberts kembali menekan tim tamu. Pada menit ke-52, PSM nyaris cetak gol keempatnya. Ini andai tembakan voli Asnawi Mangkualam tak membentur mistar gawang.

Usaha Persela untuk kejar ketertinggalan kian berat. Hal itu lantaran Aang Suparman harus diusir oleh wasit karena melanggar Rachmat dengan keras. Mantan pemain Persiba Balikpapan ini menerima kartu kuning kedua dan harus mandi lebih cepat.

Unggul jumlah pemain, PSM tampak nyaman memainkan tempo. Pada menit ke-77, Ferdinand nyaris memberikan dampak positif. Ini setelah tendangan bebasnya membentur tiang gawang.

Pada menit ke-84, PSM juga harus menerima kenyataan bermain dengan 10 pemain. Hal itu setelah Ferdinand Sinaga diusir wasit karena dianggap memukul kepala Ivan Carlos usai berduel perebutan bola.

Dua menit jelang bubaran, Persela akhirnya berhasil memperkecil kedudukan melalui Ivan Carlos. Mendapat umpan manis dari Eka Ramdani, penyerang Brasil ini mampu melewati dua bek PSM, dan langsung menceploskan bola ke gawang Rivki Mokodompit.

Namun demikian, hingga peluit panjang ditiupkan Wasit Kusni, skor 3-1 untuk PSM tak berubah. Berkat hasil ini, PSM ikuti jejak Barito Putera, Persija Jakarta, dan Madura United yang meraih kemenangan dalam laga pembuka Liga 1. (SM/JPG)

Susunan Pemain:

PSM Makassar: Rivki Mokodompit, Asnawi Mangkualam, Hamka Hamzah, Reva Adi Utama (Fathul Rahman 46′), Steven Paulie, Zulkifli Syukur, Arfan (Rizky Pellu 46′), Ghozali Muharam Siregar (Ferdinand Sinaga 70′), Willem Jan Pluim, M. Rahmat, Reinaldo Elias Costa

Persela Lamongan: Choirul Huda, Aang Suparman, Marcio Rozario, Samsul Arifin, Barbosa Alves, Kosuke Yamazaki, Sadi Septian (Eka Ramdani 59′), Ahmad Birrul Walidan (Eky Taufik 46′), Ivan Carlos Franca Coelho, Saddil Ramdani, Samsul Arip Munip.


div>