RABU , 26 SEPTEMBER 2018

SMAN I dan SMAN 2 Rantepao Siap Laksanakan USBN

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 20 Maret 2017 13:33
SMAN I dan SMAN 2 Rantepao Siap Laksanakan USBN

Ilustrasi.

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Tahapan Ujian Sekolah Bebasis Nasional (USBN) di dua Sekolah Menengah Atas (SMA), yakni SMAN 1 Rantepao dan SMAN 2 Rantepao berjalan dengan lancar, tertib tanpa kendala.

Ketua Panitia USBN SMAN I Rantepao, Drs Aris Uttung, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/3), mengatakan, sudah menerima soft copy untuk soal-soal mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN, yakni ada enam mata pelajaran di masing-masing program. Yang mana soalnya dari tiap mata pelajaran itu dalam bentuk pilihan ganda dan essay.

Disebutkan, untuk tahun ini jumlah siswa yang akan ikut USBN adalah sebanyak 488 siswa yang terbagi dalam tiga program yakni Bahasa, IPA, dan IPS. Namun, dari jumlah tersebut dua diantaranya sudah Drop Out (DO) dan satu orang yang izin, sehingga jumlah peserta untuk hari pertama sisa 485 siswa saja.

Sementara, terpisah ketua Panitia USBN SMAN 2 Rantepao, Drs Joni Mambela, mengatakan, untuk tahun ini jumlah siswa yang terdaftar dalam USBN adalah sebanyak 433 siswa yang terbahi dalam tiga program, yakni Bahasa, IPA, dan IPS. Namun, pada hari pertama yang ikut hanya 431 saja karena ada dua orang yang tidak ikut.

Joni mengatakan, siswa yang tidak ikut tersebut masih diberikan kesempatan untuk USBN susulan.

Ditambahkan, tahun ini ada siswa kelas III akan melalui tiga tahapan ujian, yakni ujian sekolah, kedua USBN dan yang ketiga UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Dan dalam USBN ini akan berlangsung secara serentak di SMA/SMK se-Sulsel dengan soal yang sama yang dibuat di dinas pendidikan propinsi.

Oleh karena itu, dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel melakukan pengawasan bergantian di sekolah-sekolah SMA/SMK yang ada di Sulsel. Karena dalam tahun ini semua SMA/SMK ditarik ke dinas pendidikan propinsi. (***)


div>