RABU , 13 DESEMBER 2017

SMF Dorong BPD Menjadi Pionir Penyaluran KPR

Reporter:

Fahrullah

Editor:

Lukman

Kamis , 23 November 2017 09:00
SMF Dorong BPD Menjadi Pionir Penyaluran KPR

Sosialisasi dan Edukasi SMF dan Percepatan Program Sejuta Rumah di Indonesia.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau sering disingkat SMF terus melakukan upaya untuk meningkatkan volume Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui penyaluran pinjaman kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD). Hal ini dilaksakan guna mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Heliantopo, mengatakan, sesuai dengan program kerja perseroan di tahun ini, program pembiayaan terus dilakukan dengan memperluas jangkauan pembiayaan kepada seluruh BPD di Indonesia, khususnya di Wilayah Tengah dan Timur Indonesia.

“Hingga saat kami telah bekerja sama dengan 26 Bank BPD, diantaranya 11 BPD telah mendapatkan pembiayaan SMF, dan tercatat 15 BPD melakukan Memorandum of Understanding (MoU), SMF telah melakukan kegiatan berupa pelatihan KPR baik secara kolektif maupun ekslusif di masing-masing BPD,” katanya.

Heliantopo melanjutkan, BPD mempunyai peran penting dalam mendukung penyelenggaraan Program Sejuta Rumah terutama di daerahnya masing-masing. Hal tersebut karena BPD sebagai sistem perbankan lokal dapat lebih efisien dalam memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan perumahan, BPD cenderung lebih spesifik mengenal karakteristik masyarakat di daerah masing-masing.

“Peran Bank Pembangunan Daerah sangat sentral dalam meningkatkan perekonomian daerah yang secara simultan akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memiliki rumah dan mensukseskan Program Sejuta rumah, diperlukan fasilitas KPR yang terjangkau dan mudah diakses,” ujarnya.

Heliantopo menyebutkan, BPD dapat mengoptimalkan potensi pembiayaan dalam zona wilayahnya masing-masing. Dalam hal tersebut, SMF akan terus memberikan dukungannya melalui program peningkatan kapasitas penyaluran KPR untuk mendorong BPD yang belum menjalankan bisnis KPR dan/atau masih tergolong rendah dalam menyalurkan KPR, sehingga dapat menjadi BPD yang berperan aktif sebagai bank penyalur KPR.

“Kami optimis, dengan adanya sinergi yang kuat diantara kita, Program Sejuta Rumah pemerintah dapat tercapai dan memberikan kontribusi luar biasa bagi perekonomian Indonesia,” ungkapnya.

Dalam mendorong penyaluran KPR di daerah, SMF juga telah menyusun dan menyerahkan Standard Prosedur Operasi (SPO) KPR BPD SMF, SPO Kredit Modal Kerja-Konstruksi Perumahan SMF (KMK–KP SMF), dan SPO Pembiayan Pemilikan Rumah (PPR) Syariah, yang bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan Asosiasi Bank Daerah (Asbanda), Asosiasi Bank Syariah Indonesia, (Asbisindo), dan Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. (*)


div>