• Rabu, 30 Juli 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

SMPN 2 Unggulan Maros Bidik Adiwiyata Mandiri

Kamis , 21 Maret 2013 15:25
Total Pembaca : 600 Views

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Setelah sukses meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2012 lalu, SMP Negeri 2 Unggulan Maros kini membidik Adiwiyata Mandiri. Sekolah ini pun giat meningkatkan kegiatan melestarikan lingkungan, mencegah pencemaran dan mencegah kerusakan lingkungan dilingkungan sekolah maupun di sekitar sekolah.

“Keberhasilan sekolah binaan akan berdampak pada penilaian SMP Negeri 2 Unggulan Maros dalam mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri,” ujar Kepala SMP Negeri 2 Unggulan Maros, Kamis (20/3).

Anshar menyebutkan, selain menjaga dan memelihara lingkungan, SMP ini juga melakukan pembinaan penataan lingkungan kepada 10 sekolah binaan.

Setiap sekolah binaan harus menyelesaikan tugas dan kewajiban penataan dan pelestarian lingkungan di sekolahnya masing-masing untuk meraih Adiwiyata tingkat kabupaten, propinsi bahkan nasional.

Sekolah ini telah dua kali melaksanakan pameran bertema lingkungan, yakni pameran hasil daur ulang dari tanaman hidroponik dan pameran lingkungan hidup tentang tata cara pengomposan sampah.

Tim Adiwiyata juga rutin memberikan masukan kepada 10 sekolah binaan mengenai kebijakan lingkungan berupa kurikulum yang berbasis lingkungan, sarana dan prasarana yang berkaitan tentang lingkungan dan partisipasi orang tua murid, warga sekolah dan komite sekolah tentang kebersihan lingkungan.

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dala kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghidarkan dampak lingkungan yang negatif.


Penulis: Basir
Editor: Azis Kuba