SELASA , 19 DESEMBER 2017

Soal Pilgub, Ketum PAN Tanya Rakyat Sulsel

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 11 Oktober 2017 10:00
Soal Pilgub, Ketum PAN Tanya Rakyat Sulsel

Dok. RakyatSulsel

Sebelumnya, PAN sempat memberi rekomendasi kepada Ichsan Yasin Limpo. Bahkan partai ini sudah menginstruksikan ke kadernya agar menyosialisasikan IYL-Cakka. Termasuk pengurus sudah dilibatkan di setiap rapat konsolidasi.

Menanggapi hal itu, Pakar Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Prianto, menilai, PAN tengah dilanda dinamika politik dalam mengambil keputusan final rekomendasi usungan. Pasalnya, antara DPP dan DPD PAN Sulsel berbeda pandangan politik di Pilgub Sulsel.

“Ini pertarungan atas kepemimpinan dan aspirasi yang berbeda. Kepentingan elit nasional cenderung diakomodasi oleh DPP dengan mengusung NA, tetapi aspirasi arus bawah PAN cenderung ke IYL,” tuturnya.

Menurut Luhur, tinggal bagaimana nantinya PAN mengambil keputusan yang sesuai dengan apa yang menjadi keinginan kadernya. Namun memang, hal itu baru bisa terlihat pada waktu-waktu injury time nantinya, seperti apa keputusan final dari PAN.

“Kita tunggu saja, bagaimana cara PAN mengelola dinamika. Kalau tekanan arus aspirasi wilayah kuat, maka IYL yang diusung. Tetapi kalau elit nasional punya daya intervensi yang kuat pada PAN, maka NA yang dapat surat rekomendasi,” jelas Luhur.

Sementara, Pakar Politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono, mengatakan, polemik rekomendasi usungan yang dikeluarkan oleh PAN untuk dua bakal calon di pilgub perlu disampaikan ke publik, alasan dari persoalan itu. Karena memang, sejauh ini berbicara masalah rekomendasi hanya bisa dikeluarkan ke satu bakal calon saja.

“Terkait dengan keluarnya dua rekomendasi PAN untuk dua calon gubernur di Sulsel, itu sangat bergantung dari Ketua Umum DPP nya. Misalkan Zullkifli Hasan sudah membenarkan, berarti harus diklarifikasi lagi, apakah itu sudah sesuai dengan mekanisme di PAN atau bagaimana? Publik hanya mengetahui bahwa yang namanya rekomendasi ya cuma satu,” tuturnya.


div>