SELASA , 11 DESEMBER 2018

Soal Pilihan Politik, Keluarga Yasin Limpo Dikenal Sangat Demokratis

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 13 September 2017 20:55
Soal Pilihan Politik, Keluarga Yasin Limpo Dikenal Sangat Demokratis

Kebersamaan Syahrul Yasin Limpo dengan Ichsan Yasin Limpo (IYL), di momen ulang tahun ke 82 ibunda tercinta, Hj Nurhayati, Sabtu (02/09) sore.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pakar Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Prianto menuturkan, klan Yasin Limpo (YL) termasuk keluarga politik yang sudah teruji untuk soal-soal elektoral.

Keluarga ini memang kelihatan tidak selalu bulat pilihan politiknya. Sudah terbiasa dengan pilihan yang berbeda.

“Meskipun demikian, saya kira ada soal-soal prinsip dalam keluarga yang di jaga bersama, meskipun anggota keluarga berbeda pilihan dan berlawanan di langgam kontestasi,” ungkap Luhur, Rabu (13/9).

Luhur menjelaskan, pilihan seperti ini bisa di lihat dari perspektif berbeda, bisa di nilai demokratis tetapi bisa juga di lihat bahwa keluarga tidak solid secara internal.

“Tapi saya kira keluarga YL bisa membedakan soal-soal politik elektoral dengan nilai-nilai silaturrahim di keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, Pakar Politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono mengatakan, keluarga YL tentunya telah memiliki komitmen untuk membedakan soal politik dan keluarga. Sehingga, dalam berdemokrasi keluarga YL sudah matang untuk tidak mencampur adukkan kedua hal itu.

“Menurut saya, itulah kelebihan keluarga YL. Mereka bisa berbeda pemikiran dan pemihakan, tetapi dalam level tertentu mereka juga bisa dengan cepat cair dan saling berkomitmen,” tutur Arief.


div>