SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Soal UN SMP Didistribusikan Pekan Ini

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 24 April 2016 21:03
Soal UN SMP Didistribusikan Pekan Ini

Ilustrasi Ujian Nasional.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Naskah soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) rencananya akan didistribusikan 28 April mendatang.

“Distribusi naskah akan diprioritaskan ke daerah terpencil terlebih dahulu. Daerah yang masuk remote area, diantaranya Selayar dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep) yang memiliki banyak pulau terpencil serta Luwu Utara,” jelas Salam Soba, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel.

Salam mengatakan, untuk daerah lainnya, distribusi soal dilaksankan sehari sebelum pelaksanaan UN. Diketahui, pelaksanaan UN tingkat SMP dilaksanakan 9 Mei mendatang.

Salam mengungkapkan, untuk menghindari terjadi kebocoran soal, pengamanan akan lebih diperketat lagi. Dia mengaku pihaknya tak mau kecolongan lagi seperti insiden yang terjadi saat distribusi UN tingkat SMA berlangsung, dimana ada salah satu kepala sekolah membocorkan lembar jawaban ke siswa.

“Pengawasan dan koordinasi dengan aparat keamanan akan diintensifkan. Kami tak ingin kecolongan lagi,” tegasnya.

Sejauh ini, ia mengaku, cukup puas dengan hasil cetak naskah UN yang dilakukan perusahaan pemenang tender.

Untuk diketahui, UN tingkat SMP tahun ini diikuti oleh sebanyak 163 ribu. Sebanyak 18 sekolah yang tersebar di beberapa kabupaten/kota rencananya akan menggelar UN secara online berbasis komputer.

Sementara, terkait pengumuman kelulusan SMA, kata Salam, baru akan diketahui 7 Mei mendatang. “Saat ini belum ada informasi terkait pengumuman UN SMA,” katanya.

Seperti tahun lalu, target kelulusan SMA 100 persen. Menurut rencana, hasil UN SMA sederajat baru akan dijemput di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 3 Mei mendatang.

Untuk diketahui, naskah UN untuk jenjang SMP sederajat sudah tiba di Pelabuhan Makassar, Jumat (22/4) lalu. Naskah UN tersebut diangkut kapal Meratus dari Bogor. Naskah dibawa ke Makassar menggunakan empat kontainer dalam 308 dos.

Salam menjelaskan, naskah tersebut disimpan di Gudang Parampa, Daya hari ini, Sabtu (23/4) sebelum didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota. Naskah UN, dikatakannya, tiba sehari lebih cepat dari target yang ditetapkan, yakni tanggal 23 April. (***)


Tag
  • UN SMP 2016
  •  
    div>