SENIN , 15 OKTOBER 2018

Soft Lauching Kereta Api Trans Sulawesi Dijadwal Bertepatan HUT Sulsel

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 27 September 2017 19:45

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, meminta agar soft launching Kereta Api Trans Sulawesi tetap dilakukan pada Oktober 2017 nanti.

Hal itu, dikarenakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke 348. Syahrul, berharap agar soft launching bisa bertepatan dengan HUT Sulsel.

“Sebelum saya diganti pada Maret 2018 mendatang, saya harap panjang relnya sudah mencapai 53 kilometer,” tegas Syahrul.

Syahrul menargetkan kereta api Trans Sulawesi dapat beroperasi pada April 2018, minimal untuk mengangkut komoditi tambang berupa semen dan marmer.

“Kita berharap semuanya bisa berjalan dengan lancar apa lagi proyek ini termasuk prioritas pemerintah pusat,” tutupnya.

Soft launching ini jauh dari target sebelumnya, dimana inspeksi kereta untuk Sulsel sendiri selesai pada bulan Desember. Di sisi lain, badan kereta sejauh ini belum ada di Sulsel, sehingga untuk mendapatkan kereta tersebut Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Perkeretaapian Trans Sulawesi di Sulsel harus meminjamnya dari Lhokseumawe, Aceh.

“Pak Gubernur meminta tanggal 19 atau 20 Oktober itu soft launching pengoperasian kereta. Inspeksi kereta untuk Sulsel itu baru bisa selesai bulan Desember, jadi kemungkinan yang bisa diambil langsung dari Aceh,” ungkap Kepala PPK KA Trans Sulawesi, Henry Hidayat. (*)


div>