JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Solusi Lahan Terbatas, Parepare Kembangkan Sistem Tanam Media Hidroponik

Reporter:

Editor:

Niar

Sabtu , 04 Agustus 2018 08:21
Solusi Lahan Terbatas, Parepare Kembangkan Sistem Tanam Media Hidroponik

int

PAREPARE, RAKSUL.COM– Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengajak warga Parepare mengembangkan sistem tanam dengan media hidroponik.

Ajakan itu disampaikan Taufan Pawe usai menyerahkan bantuan media hidroponik dan bibit tanaman sayur ke puluhan warga di dua kelurahan di Parepare.

Taufan Pawe juga mengajak seluruh pihak untuk bersama sama berpikir bagaimana ke depan kota Parepare maju di semua dimensi dan variabel kehidupan.

Kegiatan berlangsung di lokasi pembibitan tanaman pangan Kantor Dinas Ketahanan Pangan Parepare, Jumat, 3 Agustus 2018.

Sejumlah pejabat hadir dalam penyerahan bantuan ini, termasuk Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan.

Taufan Pawe mengatakan, menanam tanaman sayur dengan media hidroponik mampu memenuhi kebutuhan pangan sehat bagi masyarakat, di tengah terbatasnya lahan.

“Ada 38 orang yang mendapat paket media hidroponik, pupuk, benih sayuran, bayam, selada, sawi, kangkung, da cabai,” papar Taufan Pawe.

Wali kota bergelar doktor hukum itu menjelaskan, perkembangan tanaman pangan dengan metode media hidroponik di Parepare merupakan bentuk dukungan pemerintahannya dalam melaksanakan program nasional ketahanan pangan.

“Kalau di Parepare itu kita punya program peduli pangan. Itu bentuk dukungan kami terhadap program nasional soal ketahanan pangan,” jelas Taufan Pawe.

Menurut Taufan Pawe, ketahanan pangan harus diperkuat. Itu karena tidak semua daerah memiliki potensi alam. Parepare sendiri, kata dia, memiliki sangat terbatas.

“Karena itu harus ada teknologi tinggi. Kami buktikan dengan tumbuhnya tanaman pangan berkualitas dengan cara media hidroponik, di kota kami cukup baik,” ungkap Taufan Pawe.

Bahkan, kata Taufan, saat ini Parepare bisa dikatakan sama dengan daerah lain yang punya Sumber daya alam.

Dalam upaya lebih mengembangkan program tersebut, Taufan Pawe pun siap menambah anggaran program peduli pangan di daerahnya.

“Sekarang baru dua Kelurahan, ke depan kita tingkatkan anggarannya agar 22 kelurahan yang ada juga dapat mengembangkan media hidroponik ini,” tandas Taufan Pawe.

Salah seorang warga, La Sennang, mengaku bangga atas upaya Pemerintah Kota Parepare, yang selama ini menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat, terutama warga petani ladang.

“Kita bangga atas perhatian pemerintah. Dengan media hidroponik ini warga petani ladang sangat terbantu. Asas manfaatnya besar bagi masyarakat luas,” ungkap La Sennang. (*)


div>