SELASA , 23 JANUARI 2018

Sombadril Dijual Bebas, IDI Palopo Warning Apotek

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 08 September 2012 10:43

RAKYAT SULSEL . PALOPO – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palopo, memberikan warning atau peringatan lepada seluruh apotek yang ada di Kota Palopo, untuk tidak memperjua-belikan secara bebas obat Somadril, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Somad.

Ketua IDI Kota Palopo, Ishak Iskandar, menegaskan, bahwa sanksi tegas sudah disiapkan bagi apotek yang masih juga menjual secara bebas Somadril kepada konsumen yang tidak memiliki resep dari dokter.

“Kita sudah melakukan sosialisasi tentang bahaya obat Somadril jika dikonsumsi secara berlebihan, dan bagi apotek yang menjual kepada konsumen yang tidak memiliki resep dokter, akan kami beri sanksi tegas berupa pencabutan izin operasional,” kata Ishak kepada Rakyat Sulsel, kemarin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Palopo ini menambahkan, Somadril hanya diperbolehkan dijual kepada konsumen yang dapat memperlihatkan resep dokter dan tidak dibeli dalam jumlah yang banyak atau berlebihan. Misalnya lebih dari satu papan atau 10 tablet. “Jika ada konsumen yang membeli dalam jumlah yang berlebihan atau terlalu banyak, sudah dipastikan akan disalahgunakan,” ujarnya.

Menurutnya, mengkonsumsi Somadril dalam jumlah berlebihan akan merusak fungsi otak dan syaraf, karena mengandung bahan kimia yang mempunyai efek menenangkan, sehingga penggunaan obat ini harus dalam pengawasan dokter. “Obat ini untuk nyeri dan rematik tulang, namun dapat merusak otak jika dikonsumsi berlebihan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakapolres Palopo, Kompol Abire, juga berjanji akan menindak tegas apotek yang menjual bebas Somadril terhadap konsumen yang tidak memiliki resep dokter. “Jika ditemukan apotik melakukan pelanggaran maka polisi siap memberikan sanksi pidana jika tidak mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan,” tegas Abire. (k14/dj/C)


Tag
div>