MINGGU , 22 JULI 2018

Sombere’ Dongkrak Pariwisata Makassar

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 10 Februari 2016 16:43

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Universitas Fajar menggelar Seminar dengan tema Mendongkrak Pariwisata kota Makassar lewat Program Makassar Sombere yang bertempat di Hotel Amaris, jalan AP Pettarani, Rabu (10/2).

Kegiatan tersebut menghadirkan, Anggiat Sinaga (Ketua PHRI Sulsel), Didi Leonardo Manaba (Ketua Umum ASITA DPD Sulsel), dan Irfan AR selaku Moderator.

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga mengungkapkan, sombere’ telah menjadi langkah baru untuk memajukan pariwisata Makassar. “Sombere’ itu perilaku orang Makassar yang terkenal dengan tata cara kesopanan dan keramah tamahannya,” katanya ketika memberikan materi di depan peserta.

Sementata pariwisata, menurutnya, kegiatan yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat pengusaha dan pemerintah.

“Karakter seperti ini (sombere’) yang dimampu mendongkrak pariwisata Makassar, karena masyarakat Makassar memiliki keramah tamahan dengan yang lain. Kita harus beda dengan Bali,” tuturnya.

Anggiat juga menggagas 10 hal yang bisa mendongkrak pariwisata kota Makassar melalui program sombere.
Ia mengungkap bahwa ada 10 hal yang bisa mendongkrak pariwisata Makassar, yang pertama disebutnya Friendly and Polite.

“Ketika orang mendengar kata sahabat tidak ada orang yang mau menyakiti sahabatnya, kecuali Jessica, jadi semuanya harus mengedepankan persahabatan, tidak bisa teoritis, harus dari dalam,” jelasnya sedikit menghibur peserta.

Adapun kesembilan yang lainnya masing-masing: positive attitude (sikap positif), knowledgeable (informasi), resfect (hormat), helpfulness (suka menolong), fast (cepat), humanity (jiwa sosial), care (peduli), smile at anytime, dan consistent.


Tag
  • unifa
  •  
    div>