RABU , 22 AGUSTUS 2018

Sopir Angkot Sepakat Pete-pete Smart di Makassar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 22 April 2016 21:11

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rencana Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, membenahi Angkutan Kota (Angkot) atau pete-pete dengan menghadirkan Pete-pete Smart akhirnya disepakati sopir dan pemilik pete-pete.

Kesepakatan ini diungkapkan langsung Ketua Umum Assosiasi Pemilik dan Sopir Angkutan Makassar (Apsam), H Madi usai mendengarkan penjelasan Walikota Makassar di Rumah Jabatan Walikota Makassar, Jumat (22/4).

“Kami merasa sangat setuju dengan konsep Pete-pete Smart. Kami juga minta maaf sebelumnya sempat demo karena menganggap kami akan tergusur dengan kehadiran Pete-pete Smart ini,” ungkapnya.

Hadi mengatakan, ternyata Pete-pete Smart justru merupakan cara walikota meningkatkan kesejahteraan para sopir dan pemilik angkutan yang setiap tahun merosot akibat ketatnya persaingan.

Sebelumnya, Danny Pomanto menjelaskan, kehadiran Pete-pete Smart bukanlah untuk menyaingi pete-pete konvensional yang sudah ada. Akan tetapi, hal itu merupakan sebuah formula agar pete-pete ini menjadi moda angkutan yang layak dan sesuai standar.

“Kita akan tetap berdayakan sopir pete-pete yang ada dengan jalur tertentu yang tidak dilalui pete-pete, sehingga tidak terjadi persaingan tidak sehat di lapangan,” jelasnya.

Untuk tahap awal, Pete-pete Smart ini akan diujicobakan lima unit pada trayek baru, yakni Barombong-Pantai Losari.

Untuk diketahui, angkutan smart ciptaan Danny ini, dilengkapi panel matahari hybrid menggunakan AC bertenaga genset dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Model transportasi baru ini diorder lima atau enam bulan ke depan atau sekira Desember tahun ini. (***)


div>