SENIN , 23 JULI 2018

Sopir Pete-Pete Makassar Akan Dimigrasikan

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 22 Januari 2016 15:22

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Perhubungan Kota Makassar, menerapkan aturan baru tahun 2016. Dishub takkan menerbitkan izin Baru untuk Petepete di Makassar. Hanya saja, sopir akan dimigrasikan ke pete-pete smart.

Wacana tersebut diungkapkan Humas Dishub Kota Makassar, Asis Sila. Dikatakan bahwa trayek angkutan kota (pete-pete) dalam kota, dialihkan ke pete-pete smart.

“Pak Danny rencananya, pengadaan pete-pete smart akan terealisasi tahun ini dengan taksiran 3000 unit. Jadi tidak ada izin baru untuk pete-pete di Makassar. Hanya saja, sopir akan dimigrasikan ke pete-pete smart,” ujarnya via telepon, Kamis (21/1).

Menurutnya, kebijakan tersebut sudah disepakati antara Dishub dan Pemkot serta para sopir di Makassar.

“Pete-pete smart akan meggunakan para sopir pete-pete lama untuk melayani keperluan masyarakat di Makassar,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Danny Pomanto menjamin program Petepete Smart tak akan mematikan peluang supir pete-pete dalam mencari nafkah di Kota Makassar. Justru, program Pete-pete Smart akan menghidupkan bisnis transportasi ini.

“Yang berhak mendapatkan Pete-pete smart nantinya itu adalah supir angkot yang ada sekarang. Jadi jangan kuatir. Asalkan mereka teregistrasi. Sebab nantinya mereka ini akan ditraining dulu,” kata Danny.

Dijelaskan, tarif untuk transportasi cerdas itu disesuaikan dengan kantong masyarakat.

“Tarif Petepete Smart cukup murah dan bisa di jangkau. Karena kalau kita sudah punya uang Rp 10 ribu, kita sudah bisa keliling Kota Makassar dengan menikmati fasilitas berbasis IT,” katanya.

Ditambahkan, Pete-pete Smart adalah upaya Pemkot Makassar meremajakan sarana angkutan umum agar tetap nyaman, kala dinikmati oleh para penumpang. Karena moda transportasi ini nantinya dilengkapi dengan AC, wifi dan GPRS.


div>