SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Sosialisasi Narkoba, Berharap Ada Tes Urine

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 12 April 2016 15:00

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM -Sosialisasi tentang Narkoba dalam bentuk edukasi dan pertunjukkan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat di Aula Kantor Bupati Pinrang, Selasa (12/4) kemarin, memberikan harapan baik bagi masyarakat banyak agar menghindari barang haram tersebut.

Menurut Kasman, salah seorang warga yang hadir dalam sosialisasi tersebut, meski hanya berlangsung sehari, namun ini bisa menjadi acuan dalam meminimalisir pengguna narkoba di Pinrang.

Setidaknya, kata Kasman, sosialisasi tidak hanya tentang bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari barang yang tidak mengenal usia, jabatan atau penegak hukum pemakainya, tapi sebaiknya ada upaya kerjasama BNN dengan Kementerian di tingkat Pusat. Sehingga ada instruksi ke daerah untuk melakukan gelar tes urine bagi kalangan PNS.

Kasman mencontohkan, kerjasama antara BNN dengan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), selanjutnya Kemendiknas menginstruksikan jenjang ke bawah untuk melakukan tes urine bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Begitu juga dengan pegawai di lingkup pemerintah kabupaten/kota.

Jika hanya berharap masing-masing daerah berinisiatif melakukan tes urine bagi pejabatnya, kata Kasnan, sampai kapan harapan itu bisa tercapai. Dari sekian banyak Kabupaten/Kota yang ada, hanya beberapa persen daerah yang berani dan telah melakukan tes urine.

Dengan adanya sosialisasi yang digelar BNN di daerah ini, diharapkan Pinrang juga punya nyali untuk mengadakan tes urine bagi para pelayan masyarakatnya itu. Apakah itu dimulai dari penegak hukum atau kepada para PNS. Apalagi, Pinrang masuk zona merah tentang Narkoba.

“Anak didik saja antusias hadir mengikuti edukasi tentang narkoba dengan berbondong-bondong mendatangi Aula Kantor bupati Pinrang, bagaimana dengan pejabat daerah?” tantang Kasman.


Tag
div>