• Jumat, 01 Agustus 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Sosialisasi Politik Berkedok Amaliah Ramdhan

Selasa , 10 Juli 2012 11:22
Total Pembaca : 184 Views

Baca juga

RAKYAT SULSEL . MAKASSAR – Untuk meningkatakan popularitas dan elektabilitas para bakal calon Walikota Makassar yang akan bertarung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Makassar 2014 mendatang,  berbagai cara terus dilakukan, termasuk memanfaatkan momentum  masuknya Ramadhan untuk mendekatkan diri pada masyarakat.

Meski demikian, Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Firdaus Muhammad menuturkan, idealnya, bakal calon Walikota Makassar menjadikan Ramadhan sebagai bulan untuk beribadah. Jadi harusnya, bakal calon Walikota Makassar yang balihonya bertebaran mengurangi kegiatan politik supaya bisa lebih khusyu menjalankan amaliah Ramadhan.

Tapi ternyata, Ramadhan justru dijadikan momentum baik bagi para politikus uatamya para kandidat walikota untuk mensosialisasikan diri dan meraih simpati masyarakat denganmenggelar berbagai acara berkedok kegiatan keagamaan.

“Itu jadi hal yang wajar. Tapi sejatinya, para kandidat mengurangi ritme gerakan politik dengan lebih fokus menjalankan ibadah. Sebut saja jika mereka menyumbang harus benar-benar untuk mengejar pahala bukan popularitas atau mencitraan,” terang Firdaus.

Firdaus bahkan sangat yakin, para kandidat Walikota Makassar yang jumlahnya puluhan tersebut akan tampil lebih religius di berbagai formulasi iklan mereka dan akan mensosialisasikan diri dengan berkedok menggelar kegiatan seperti bakti sosial, buka puasa bersama dan kegiatan lainnya yang dianggap bisa menyentuh masyarakat untuk memilih mereka.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Makassar H Busrah Abddulah yang memang berencana menggelar kegiatan sosial selama Ramdhan mengatakan, jika yang akan dia lakukan Ramadhan nanti bukan sekedar untuk kepentingan politik, tetapi lebih kepada kepeduliannya terhadap sesama umat. “Ramadhan mendatang kita ingin berbagai dengan masyarakat khususnya masyarakat yang tidak mampu. Adapun program yang akan kami lakukan antara lain kunjungan sosial ke panti asuhan dan memberikan bantuan baik berupa sembako ataupun bingkisan lainnya,” jelas Busrah.

Hal yang sama juga dilakukan bakal calon Walikota Makassar seperti Anis zakaria Kama dan Iqbal Djalil.(RS1/not/D)