JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Sosiodrama Korem 142 Tatag Pukau Peserta Upacara HUT RI

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 17 Agustus 2017 22:42
Sosiodrama Korem 142 Tatag Pukau Peserta Upacara HUT RI

int

MAMUJU, RAKSUL. COM- Proklamasi kemerdekaan yang kita peringati setiap 17 Agustus adalah sebuah peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Proklamasi telah mengubah perjalanan sejarah, membangkitkan rakyat dalam semangat kebebasan, merdeka dari segala bentuk penjajahan.

Proklamasi ternyata didahului oleh perdebatan hebat antara golongan pemuda dengan golongan tua. Baik golongan tua maupun golongan muda sama sama menginginkan secepatnya dilakukan proklamasi kemerdekaan dalam suasana kekosongan kekuasaan dari tangan pemerintahan jepang.

Proklamasi 17 Agustus 1945 sendiri mempunyai arti dan makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia karena proklamasi kemerdekaan merupakan titik kulminasi perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengusir kaum imperialis asing.

Dalam rangka mengenang sejarah proklamasi, bertempat di halaman kantor Gubernur Sulbar dilaksanakan Upacara Detik-detik proklamasi dengan inspektur upacara Gubernur Sulbar H Ali baal masdar, dan Komandan Upacara Letkol Kav Thomas Rudiyanto yang sehari-harinya menjabat sebagai Kasi Intel Korem 142/Tatag.

Sebelum pelaksanaan detik-detik diawali dengan penampilan sosiodrama sejarah perjuangan H. Andi Deppu yang diperankan oleh personel Makorem 142/Tatag dan mendapat sambutan Meriah dari penonton dan undangan.

Nampak Hadir dalam upacara detik detik proklamsi, Ketua DPRD Sulbar, Kapolda Sulbar, Ketua BNN Sulbar, Danrem 142/Tatag beserta isteri, Kakorda kemhan, Wakapolda, Mantan Gubernur Sulbar, para anggota DPRD, Dandim 1418/Mamuju, para pejabat Korem, pejabat Polda dan Polres, serta para veteran, dan Pelajar.

Usai kegiatan detik-detik proklamasi, dilanjutkan dengan acara pemberian remisi bertempat di lapas Kelas II B Mamuju serta pelepasan perahu Sandeq bertempat di anjungan Pantai Manakarra. (Penrem 142/Tatag)


div>