KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Spesialis Nasabah Bank Lintas Kabupaten Terancam 5 Tahun Penjara

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 27 Juni 2017 11:06
Spesialis Nasabah Bank Lintas Kabupaten Terancam 5 Tahun Penjara

Kamaruddin alias Candra (31), warga Jl Cendrawasih, Makassar, merupakan pelaku spesialis perampok nasabah bank lintas kabupaten berhasil diamankan Polsek Ujung Tanah, Senin (26/6). foto: reza riyaldi salah/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kamaruddin alias Candra (31), warga Jl Cendrawasih, Makassar, merupakan pelaku spesialis perampok nasabah bank lintas kabupaten ini telah diserahkan ke Polres Maros lantaran mempunyai lebih dari 5 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kanit Reskrim Polsek Ujung Tanah, Iptu Irfansyah membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pelaku sudah diserahkan dan akan menjalani proses hukum.

“Semalam, pelaku sudah diserahkan karena berhubung mempunyai lima lebih Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dan ia dijerat pasal 365 dengan ancaman hukuman kurang lebih 5 tahun penjara,” ucap Irfansyah, Selasa (27/6).

Dari hasil introgasi dengan pelaku, kata Irfansyah, ia mempunyai enam tempat kejadian perkara yang menjadi sasarannya, diantaranya Kabupaten Sinjai, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Polmas, Jl Daya, Makassar, dan Jl Cendrawasih, Makassar.

“Di Sinjai pelaku bersama tiga temannya, yakni Abang David, Maskur, dan Erwin mengikuti korban keluar dari Bank. Kemudian mengambil uang sebesar Rp110 juta. Sedangkan di Maros, pelaku dua kali beraksi yaitu di lokasi pertama bersama Dg Siala, Sapri, dan Erwin mengambil barang bukti dari atas mobil korban, lalu dijual Dg Sibali di Kabupaten Bone. Sementara, di lokasi keduanya pelaku (Candra, red) bersama temannya mengikuti korban dari Bank BRI Maros dan mengeksekusi korban di Daya, Makassar dengan mengambil uang kurang lebih senilai Rp100 juta,” paparnya.

Irfansyah mengatakan, untuk di TKP ketiga, kabupaten Pangkep. Pelaku bersama lima rekannya, Sapri, Iwan, Ucculu, Dg Ali dan Maskur beraksi mengikuti korban dari Bank. Kemudian, mengambil uang Rp50 juta.

“Pelaku mengeksekusinya di dekat Toko Emas Pangkep. Dan di TKP keempat, Kabupaten Polmas. Pelaku bersama empat rekannya mengambil uang korban sebesar Rp40 juta. Sedangkan TKP kelima, Daya Makassar. Pelaku mengambil uang korban setelah dari Bank BCA Daya, sebesar Rp6 juta,” ungkapnya.

[NEXT-RASUL]

Ia juga menambahkan, di TKP terakhir, pelaku beraksi di Jl Cendrawasih, Makassar. Dimana, pelaku bersama dua temannya mengikuti korban dari SPBU Cendrawasih. Lalu mengeksekusi uang korban sebesar Rp7.200.000.

“Pelaku bersama rekannya mengambil dari dalam sadel motor korban di Jl Abd Kadir, tepatnya sebelum Jl Dangko,” pungkasnya.

Sebelumnya, pelaku berhasil diamankan setelah mendapatkan informasi keberadaannya di wilayah hukum Polsek Ujung Tanah, Senin (26/6) sekiranya pukul 15.15 WITA. (***)


div>