MINGGU , 16 DESEMBER 2018

Sri Endang Sebut HIV Seperti Fenomena Gunung Es

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Kamis , 01 Desember 2016 17:06
Sri Endang Sebut HIV Seperti Fenomena Gunung Es

Suasana peringatan Hari/AIDS Sedunia (HAS) yang digelar Pemprov Sulsel di Pelataran Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (1/12). foto: ashar abdullah/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Biro Bina Napza dan HIV/AIDS Provinsi Sulsel kembali menyelenggarakan Kampanye Hari/AIDS Sedunia (HAS) di Pelataran Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (1/12).

Kepala Biro Bina Napza, Sri Endang Sukarsi, mengatakan, sejak dari 1987 penyakit HIV ditemukan di Bali. Tahun ini memang cukup besar perkembangannya, Indonesia peringkat keenam dari seluruh Indonesia.

“Saat ini kalau kita lihat di 2015 saja sudah 10.000, bahkan dalam sebulan ada kenaikan 140 orang, berarti sekarang ini kita bisa prediksi ada 12.000 odha. Inipun masih ada fenomena gunung es tadi. Masih ada tersembunyi,” kata Sri Endang.

Sri Endang menjelaskan, salah satu cara atau strategi melakukan peringatan HAS, pihaknya berharap bisa membantu mencairkan gunung es tadi, dengan menambah jumlah yang peduli.

“Yang peduli menjadi virus untuk menyebarkan benih-benih pencegahan, penanggulangan, pengawasan, dan pengendalian. Sulsel darurat HAS. Di 24 kabupaten/kota tidak ada lagi yang kosong. Sangat mengkuatirkan tentunya sama dengan darurat. Jadi harus memang ada upaya emergensi dan ini kita bersepakat untuk menjadikan masalah bersama jadi kita juga jadi menjadi tanggung jawab bersama,” jelasnya.

Sri Endang menambahkan, peningkatan ini juga sejalan upaya berbagai pihak, termasuk Pemprov yang ditunjukkan dengan makin banyaknya masyarakat yang sadar dan melakukan tes HIV.

“Ibu Rumah Tangga (IRT) dan anak menjadi salah satu kelompok yang rentan tertular HIV selain masyarakat pada umumnya,” jelas Sri Endang. (***)


div>