KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Sriwijaya FC Dipaksa Berbagi Poin dengan PSM Makassar di Jakabaring

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 28 April 2018 19:11
Sriwijaya FC Dipaksa Berbagi Poin dengan PSM Makassar di Jakabaring

PSM Makassar sukses meraih satu angka dari kandang Sriwijaya FC. (liga-indonesia.id)

RAKYATSULSELCOM – Bermain dalam cuaca cukup panas di Palembang, laga Sriwijaya FC kontra PSM diawali dengan tempo cukup cepat. Tuan rumah langsung membuka peluang di menit pertama melalui sebuah tendangan sudut. Bola umpan Sahrian Abimanyu mengarah tepat kepada N,Diaye, sayang sundulannya masih terlalu lemah.

PSM tak mau jadi tim yang tertekan. Mengandalkan serangan dari sektor kanan, tim Juku Eja berani melakukan tekanan terhadap pertahanan tuan rumah. Namun, pertahanan Sriwijaya yang masih solid tak memberi kesempatan bagi penyerang PSM untuk merancang permainan yang membahayakan.

Menit 9 Marckho Sandy mampu menerobos hingga kotak penalti PSM. Umpan mendatar yang dikirim Marckho masih mampu diantisipasi pemain PSM dan hanya menghasilkan lemparan ke dalam.

Tuan rumah kembali mampu menerobos pertahanan PSM melalui sisi kiri area lawan pada menit 16. Kali ini Esteban Vizcarra yang memanfaatkan lubang di pertahanan tim tamu. Namun, lagi-lagi umpan silang yang dikirim skuad Sriwijaya dimentahkan Steven Paulle.

PSM tampaknya lebih memilih fokus untuk bertahan. Hal ini terlihat dengan menumpuk banyak pemain di area pertahanan. Juku Eja kerap menyisakan Ferdinand Sinaga ketika timnya mendapat tekanan dari Sriwijaya. Mereka melakukan serangan balik ketika bola berhasil direbut.

Strategi ini sempat memberi peluang bagi PSM pada menit 33. Bola yang dikuasai Ferdinand dalam situasi serangan balik dikirim kepada Guy Junior. Meski ada Ferdinand dan M Rahmat yang berada di posisi lebih terbuka. Namun Guy Junior lebih memilih menendang bola yang ternyata arahnya melenceng jauh dari gawang Teja Paku Alam.

Setelah hanya beberapa serangan berbahaya saja yang mampu dilakukan kedua kubu, babak pertama pun berakhir. Tak ada gol yang tercipta sepanjang 45 menit pertama.

Sriwijaya tampil lebih menyerang pada 15 menit awal babak kedua. Bahkan Hamka Hamzah yang di babak pertama jarang berada di garis tengah lapangan, kini justru sering bergerak memasuki wilayah pertahanan PSM.

Namun, pola serangan Sriwijaya tetap selalu berawal dari pergerakan Vizcarra. Pemain yang masih memiliki kemampuan driblling mumpuni ini jadi andalan untuk menerobos. Sementara Guy Junior, Jalilov dan Patrich Wanggai membuka ruang. Pola ini belum cukup kuat untuk menggoyang pertahanan tim tamu yang tampil cukup solid dan disiplin.

Namun, perlahan tapi pasti, serangan yang dibangun 4 pemain Sriwijaya itu makin padu dan apik. Memaksa para pemain PSM untuk lebih fokus ke pertahanan mereka. Beruntung belum ada sentuhan akhir yang apik dilakukan skuad Laskar Wong Kito.

PSM pun tetap andalkan serangan balik di babak kedua ini. Menjadikan kecepatan M Rachmat dan Ferdinand, serangan balik PSM sempat membuat pertahanan tuan rumah kocar kacir pada menit 68. Beruntung Teja Paku Alam tampil tenang untuk menghentikan upaya Asnawi. Ini menjadi peluang terbaik yang dimiliki PSM sepanjang laga.

Sepanjang babak kedua, serangan kedua kubu terlihat lebih berkualitas. Namun, dengan diimbangi oleh pertahanan yang solid, belum ada serangan yang mampu menggoyang jala masing-masing tim.

Sriwijaya kembali mendapat peluang melalui set pieces yang kedua sekitar menit 88. Yu Hyun Koo kembali menjadi eksekutor. Sayang, untuk kedua kalinya pula pemain asal Korea Selatan itu hanya bisa menendang bola jauh di atas mistar Rivky Mokodompit.

Peluang terbaik didapat Adam Alis, satu menit jelang akhir pertandingan. Sayang tendangan lob eks pemain Arema FC itu tepat mengenai bagian atas mistar gawang. Padahal posisi Rivky sudah terlanjur ke depan. Sriwijaya belum beruntung.

Sriwijaya pun kembali meraih hasil imbang untuk kedua kalinya ketika tampil di kandang sendiri. Laskar Wong Kito masih belum sanggup meraih kemenangan kembali di Liga 1 2018. Mereka kembali harus berbagi poin dengan tamunya, PSM Makassar.

Sriwijaya 0-0 PSM

Susunan Pemain
Sriwijaya FC: Teja Paku Alam, Novan Sasongko, Hamka Hamzah, M. Ndiaye, Markcho Shandy, Yoo Hyunkoo, Syahrian Abimanyu (Adam Alis 72′), Manuchehr Jalilov, Makan Konate (Rahmat Hidayat 84′), Patrich Wanggai (Beto 67′), Esteban Vizcarra
Pelatih: Rahmad Darmawan

PSM Makassar: Rivky Mokodompit, Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam (Rasyid 70′), Marc Klok, Guy Junior (Bruce Djite 63′), Ferdinand Sinaga, M Rahmat (Zulham 79′)
Pelatih: Robert Rene Alberts

Wasit: Very Permana

(adw/JPC)


div>