RABU , 19 DESEMBER 2018

STAIN Parepare Gelar Praktik Peradilan Semu

Reporter:

dedi

Editor:

Kamis , 15 Desember 2016 20:44
STAIN Parepare Gelar Praktik Peradilan Semu

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Sekolah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare, menggelar Praktik Peradilan Semu. Kegiatan dilaksanakan di Kampus STAIN Parepare, Jalan Amal Bakti Soreang, Kelurahan Bukit Harapan, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Kamis (15/12/2016).

Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Parepare, Budiman Sulaeman, mengatakan, praktik peradilan ini dalam rangka memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa, tentang dasar-dasar tata cara di Pengadilan Agama.

“Kami melibatkan beberapa hakim untuk membimbing para mahasiswa, supaya bisa memberikan teori dan mengajarkan langsung praktiknya dalam bentuk simulasi,” katanya.

Untuk praktik kali ini, lanjut Budiman, mengundang beberapa hakim dari Pengadilan Agama Barru. “Kami berharap para mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman langsung dalam berpraktik di Pengadilan Agama,” jelasnya.
[NEXT-RASUL]
Sementara, salah seorang hakim Pengadilan Agama Kabupaten Barru, Gunawan Sulaeman, menjelaskan, pihaknya bangga melihat antusias mahasiswa dalam mengikuti praktif ini. Gunawan yang juga Ketua Pengadilan Agama Barru mengatakan, pada dasarnya mahasiswa memiliki modal dasar teori dalam berpraktik di Pengadilan Agama.

“Jadi yang kami tekankan, bagaimana mahasiswa bisa mempraktikkan langsung proses dan tata cara beracara di Pengadilan Agama,” ungkapnya.

Sedangkan, salah seorang mahasiswa Wahyu Purnama Siddiq, menuturkan, pihaknya merasa bersyukur atas praktik peradilan ini. Karena, kata dia, selama ini yang hanya diajarkan masih sebatas teori.

“Kami berharap bisa terus mengikuti praktik seperti ini, karena di luar nanti setelah selesai kuliah, kesempatan belum tentu dapat diperoleh kembali,” ujarnya.


div>