JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

STAIN Parepare Kini Beralih Status Jadi IAIN

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Jumat , 13 April 2018 13:46
STAIN Parepare Kini Beralih Status Jadi IAIN

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare akhirnya kini berstatus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan didampingi Wakil Ketua 1, Muhammad Djunaedi, Wakil Ketua 2, Sudirman, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Adab, Bahtiar, Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Budiman, serta Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Muhammad Saleh, saat menggelar konferensi pers, di gedung rektorat IAIN Parepare, Jumat (13/4/2018).

“Kami sangat bahagia dan memberikan apresiasi kepada negara. Dengan diterbitkannya pepres ini kami yakin bahwa Negara memang benar memperhatikan pendidikan diindonesia. Ini adalah prestasi bagi negara khususnya pemerintah. Ini tentu pertimbangan yg sangat matang dan ini keputusan yang tepat,” ucap Ahmad Sultra.

Dia menambahkan, ada delapan STAIN yang berhasil beralih status menjadi IAIN. Diantaranya, STAIN Parepare, STAIN Watampone, STAIN Curug Bengkulu, STAIN Al-Fatah Jayapura Papua, STAIN Pamekasan, STAIN Bangka Belitung, STAIN Kudus, dan STAIN Kediri.

“Jadi usaha kami dalam proses peralihan status ini sudah dimulai 2014 lalu. Jadi, lebih 4 tahun kami bekerja untuk ini. Alhamdulillah, Akhirnya keinginan kami semua terbayarkan dengan dikeluarkannya Pepres tersebut,” ujar Ketua IAIN Parepare.

Dia berharap, dengan pengalihan status tersebut, IAIN Parepare semakin berkembang.

“Semoga IAIN Parepare semakin maju dan berkualitas. Sehingga, bisa menjadi lembaga pendidikan sesuai amanah negara, yaitu mencerdaskan generasi bangsa” Harapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebelum STAIN menjadi IAIN pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menunjang status baru yang disandang STAIN Parepare, salah satunya infrastruktur yang memadai.

Alih status dari STAIN ke IAIN relatif tidak ada perbedaan signifikan dalam disiplin program studi yang kaitannya dengan keislaman.

“Kalau masih STAIN hanya boleh menyelenggarakan satu bidang ilmu. Sedangkan jika sudah menjadi IAIN maka banyak bidang ilmu yang bisa dikembangkan,” jelasnya.

Saat ini IAIN Parepare mempunyai tiga jurusan, Pertama jurusan Tarbiyah dan Adab. Kedua, Syariah dan Ekonomi Islam. Ketiga, jurusan Dakwah dan Komunikasi dengan 27 program studi. Selain itu, IAIN Parepare juga memiliki program Pasca Sarjana dengan enam progtam studi.(MP1)


div>