SELASA , 16 OKTOBER 2018

Stand Pameran Capil Diserbu Warga, Pelayanan Dokumen Tembus 300 Per-Hari

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 04 Maret 2016 17:56

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Moment penyelenggaran pameran pembangunan atau Parepare Fair 2016 yang digelar Pemerintah sebagai rangkaian perayaan HUT Parepare, nampaknya tidak disia-siakan oleh masyarakat. Seperti terlihat di salah satu stand pameran milik Dinas Pencacatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), nampak stand ini menjadi stand paling diserbu pengunjung dan pelayanan administrasi yang dikeluarkan tembus 300-an perhari.

Membludaknya pengunjung di stand Capil tersebut disebabkan masyarakat Parepare memanfaatkan moment pameran itu untuk membuat akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), KTP, atau jenis dokumen lainnya.

Salah satu pengunjung, Alfiah Rahmi mengaku jika dirinya sudah tiga kali bolak-balik mengurus dokumen miliknya dan milik keluarganya lantaran memanfaatkan moment tersebut untuk mengurus KK, akta kelahrian dan KTP keluarganya. “Saya memanfaatkan kesempatan pameran ini karena selain pelayanannya cepat hanya hitungan jam, juga langsung bisa diambil, sehingga saya bolak-balik karena banyak keluarga saya uruskan KK, dan akta kelahiran anaknya,” aku warga yang berdomisili di kampung Ceddie saat ditemui di stand Capil, Kamis, (3/3).

Tak hanya itu kata dia, moment pembuatan dokumen pribadi di pameran tersebut dilakukan karena selain bisa refreshing, juga bisa mengurus berkas-berkas miliknya. “Di sini baguski mengurus karena ramai, bisaki kunjungi pameran-pameran, juga mengurus KTPmi juga, pelayanannya juga cepat jadi sangat menguntungkan, dan tidak ada pungutan sama sekali” ujarnya.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Kota Parepare, H. Amran Ambar mengakui membludaknya pengunjung untuk mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan, berupa KK, KTP, Akta kelahiran hingga tiga ratusan lebih perhari. “Yah pengunjung sangat membludak, yang dibuat setiap hari, dari KTP, KK, akta kelahiran berjumlah 300-an lebih sehari semalam,” ujar mantan Kadisperindagkop UKM Kota Parepare ini.

Pelayanan pembuatan dokumen tersebut di stand pameran kata dia, dibuka dari pukul 08.00 pagi hingga 22.00 malam.

Amran juga membeberkan jika pelayanan pembuatan dokumen di pameran tersebut merupakan gambaran bagi dirinya untuk menerapkan sistem layanan pembuatan dokumen di atas mobil keliling yang rencanya akan diterapkan sebagai bagian program inovasi Capil di tahun ini. “Jadi ini merupakan bentuk miniatur atau gambaran bahwa sistem yang dipakai di pameran ini sistem online tanpa kabel, hanya komputer saja, demikian juga nantinya di mobil, jika ini berhasil maka layanan antar jemput dokumen masyarakat Parepare melalui mobil keliling bisa kita terapkan untuk memudahkan dan membantu masyarakat agar terlayani kebutuhan dokumen kependudukannya,” tandasnya.


Tag
div>