RABU , 14 NOVEMBER 2018

Statistik Menarik Jelang Leg Kedua Final Piala AFF 2016

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Sabtu , 17 Desember 2016 19:22
Statistik Menarik Jelang Leg Kedua Final Piala AFF 2016

int

Perusahaan penyedia data olahraga, Opta, merilis statistik menarik jelang leg kedua final Piala AFF 2016, Sabtu (17/12). Di beberapa kategori, para pemain Timnas Indonesia memiliki statistik menonjol.

Catatan menonjol Indonesia muncul dari sektor pertahanan. Sebut saja kiper Kurnia Meiga, yang tercatat paling banyak melakukan aksi penyelamatan dengan 18 kali save selama 6 laga yang dilalui. Meiga unggul satu save dari kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan.

Sementara itu, bek Fachruddin Aryanto menjadi pencatat clearance terbanyak dengan 41 kali. Bek asal klub Sriwijaya FC itu unggul cukup jauh dari dua pemain Myanmar, Zaw Min Tu (34) dan Phyo Ko Thein (31). Sementara, partner Fachruddin di lini belakang, Hansamu Yama Pranata, mencatat 26 clearance.

Dalam hal kemampuan melewati pemain lawan (take ons) dua penggawa Timnas Indonesia berada di tiga teratas, yaitu Rizky Pora (34 kali) dan Andik Vermansah (24 kali). Namun, keduanya masih di bawah bek sayap Thailand, Theeraton Bunmathan dengan 38 kali.

Catatan buruk Indonesia ada di kategori umpan silang (crossing). Di 10-besar pencatat crossing terbanyak Piala AFF 2016, tak ada satu pun nama dari Indonesia. Dua pemain Thailand mendominasi, masing-masing Sarch Yooyen (415 kali) dan Pokkhao Anan (345).

Sementara untuk penciptaan peluang mencetak gol, ada nama Rizky Pora dan Boaz Solossa di tiga besar dengan masing-masing 13 kali. Keduanya hanya kalah dari kapten sekaligus penyerang Vietnam, Le Cong Vinh dengan 15 kali.

[NEXT-RASUL]

Dari statistik tim, Indonesia unggul tipis dalam hal jumlah tembakan (termasuk diblok). Indonesia melepaskan 84 tembakan, sedangkan Thailand 81 kali. Sementara dalam hal kedisiplinan, Indonesia ternyata jauh lebih buruk dari lawannya di final. Indonesia mencatat 11 kartu kuning dari 6 laga, sedangan Thailand paling sedikit di antara semua peserta Piala AFF 2016 dengan hanya 4 karu kuning.

Dari deretan statistik di atas, terbukti Indonesia sejatinya mampu mengimbangi Thailand. Namun, hasil akhir tentu tak sekadar mengacu kepada catatan statistik. (ira/JPG)


div>