JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Stok Daging Dijamin Aman Enam Bulan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 05 Juni 2017 11:58
Stok Daging Dijamin Aman Enam Bulan

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Peternakan Sulsel memastikan stok daging sapi, daging ayam dan telur aman jelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Peternakan Sulsel, Abdul Aziz, menjelaskan, komoditi peternakan diestimasi akan aman sampai enam bulan ke depan.

Berdasarkan datanya, di Sulselmasih terdapat 16.000 ton stok daging sapi, sementara untuk daging ayam sebanyak 15.600 ton, sedangkan telur 8.251 ton.

“Ini berdasarkan data sapi lokal, kalau impor kita tidak hitung,” ungkapnya saat di Kantor Gubernur diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (5/6).

Dengan banyaknya stok, Abdul Aziz optimistis, tidak ada lonjakan harga pada saat hari raya. Diprediksi, harga tetap berkisar Rp80 ribu sampai Rp90 ribu per kilo.

“Mudah-mudahan tidak ada kelonjakan harga, biasanya Rp80 ribu sampai Rp90 ribu perkilo,” tuturnya.

Meski demikian, salah satu cara untuk tetap menjaga stok di Sulsel aman dengan membatasi pengiriman sapi betina keluar daerah, karena menurutnya, jika tidak dibatasi maka populasi akan habis.

[NEXT-RASUL]

“Permintaan luar daerah kita batasi, ada batasan karena kalau tidak dibatasi maka populasi habis, kalau sapi jantan silahkan saja, kecuali ada kerja sama tinggal itu akan ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Terkait antisipasi daging celeng, pihaknya telah mengingatkan kepada Unit Pelakasana Tugas (UPT) Rumah Potong Hewan (RPH) di masing-masing kabupaten/kota untuk ikut melakukan pengawasan.

“Tetap ada pengawasan adanya daging celeng yang bertanggung jawab RPH di masing-masing di kabupaten/kota. Standar Operasional Prosedur (SOP) sudah seperti itu, sudah aturanya seperti itu,” jelasnya.

Sebelumya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo Syahrul menyebutkan kebutuhan untuk daging di Sulsel masih tetap terjaga.

“Mari kita bersama-sama menjaga stok pangan ini tetap aman dengan harga yang tentunya stabil,” ucapnya. (***)


div>