RABU , 12 DESEMBER 2018

Stop Kekerasan Anak, 100 Pendidik di Parepare Dilatih Ramah Anak

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 19 Mei 2017 15:20
Stop Kekerasan Anak, 100 Pendidik di Parepare Dilatih Ramah Anak

Pemateri dari Kementerian PPPA, Elfi Hendrani saat membawakan materi dalam Pelatihan Sekolah Ramah Anak di Gedung Balai Ainun, Kota Parepare, Jumat, (19/5).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM- Sebanyak 100 orang pendidik dari tingkat SD dan SMP di Kota Parepare mengikuti Pelatihan Sekolah Ramah Anak. Pelatihan tersebut digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Gedung Balai Ainun, Kota Parepare, Jumat, (19/5).

Pada pelatihan tersebut, pihak Dinas PPPA Kota Parepare menghadirkan pemateri dari Kementerian PPPA, Elfi Hendrani dengan materi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan dan Kreatifitas. Selain guru, peserta dari pelatihan ini juga menghadirkan semua Kepala Sekolah sebagai pengambil kebijakan tertinggi di sekolah.

Wali Kota Parepare melalui Asisten II Pemkot Parepare, Ramadhan Umasangaji dalam sambutannya mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan untuk menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap anak.

“Diharapkan pada semua sekolah tidak terjadi lagi kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya. Sekolah harus sadar dan berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas PPPA Kota Parepare, Hj Suleha mengemukakan, jika pelatihan ini merupakan salah satu cara dalam mewujudkan Parepare sebagai kota layak anak.

“Semua sekolah di bawah naungan Pemkot Parepare, seperti SD dan SMP diikutkan dalam pelatihan Sekolah Ramah Anak karena Pemkot mewajibkan semua sekolah wajib ramah anak. Ini erat kaitannya dengan Parepare sebagai kota layak anak. Ini masuk dalam cluster empat dalam kriteria kota layak anak, bidang Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya,” beber Hj Suleha.

Saat ini kata dia, baru empat sekolah di Parepare yang telah dinobatkan sebagai sekolah ramah anak, yaitu SMPN 2 Parepare, SMPN 10, SMPN 3, dan SDN 43 Parepare. (nia)


Tag
div>