MINGGU , 21 JANUARI 2018

Strategi Jitu IYL Tentukan Wakil

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 25 Mei 2017 17:20
Strategi Jitu IYL Tentukan Wakil

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM— Demokrasi terbuka dikedepankan Ichsan Yasin Limpo (IYL) dalam menyongsong Pilkada Sulsel 2018. Keterbukaan dan kebersamaan lebih ditonjolkan dalam proses seleksi hingga penentuan figur calon wakil gubernur (cawagub) yang akan menjadi pasangannya.

Riset survei oleh lembaga lembaga kredibel, dikedepankan untuk memotret kecenderungan pilihan masyarakat. IYL memastikan diri maju sebagai calon gubernur Sulsel pada Maret 2017, begitu mengetahui tingginya harapan masyarakat berdasarkan hasil survei. Keberlanjutan pembangunan Sulsel yang makin maju dan modern, menjadi konsen tokoh penggagas pendidikan gratis di Sulsel tersebut dalam menjawab harapan masyarakat.

Statemen siap maju direspon masyarakat. 750 dukungan KTP mengalir kontan menyambut kesiapan IYL. Bahkan terus membanjir hingga jumlah dukungan KTP menembus 1,5 juta, hanya sekira tiga pekan setelah IYL menyatakan kesiapannya mencalonkan diri sebagai calon gubernur.

Bagaimana dengan calon wakil gubernur yang bakal menjadi pasangannya? Suara rakyat kembali menjadi syarat utama. Variabel lain yang dibangun IYL dalam tahapan ini adalah keterbukaan dengan membangun komunikasi secara komitmen dengan siapapun figur yang berkeinginan menjadi pasangannya.

Silaturahmi kunjungan ke sejumlah parpol dilakukan. Untuk saling menjajaki peluang, menyampaikan gagasan demokrasi yang sehat, atau membincangkan ide ide terbaik keberlanjutan pembangunan Sulsel. Kebersamaan ditanamkan sebagai modal penting mewujudkan cita-cita rakyat.

Lima figur mengerucut sebagai bakal cawagub pendamping IYL. Komitmen terbangun; siapapun yang direspon publik harus dihargai. Kebersamaan sebagai komitmennya.

Mantan Bupati Gowa dua periode yang kini menjabat Ketua PMI Sulsel ini mengatakan, dirinya menyerahkan penuh kepada kelima figur bakal cawagub untuk berembuk. Hasil musyarah mufakat nantinya yang bakal menentukan siapa kandidat cawagub yang akan mendampingi kandidat doktor bidang hukum Universitas Hasanuddin ini.

Berikut lima nama bakal calon wakil gubernur yang berpeluang mendampingi Ichsan Yasin Limpo

[NEXT-RASUL]

Andi Aslam Patonangi



Birokrat senior yang kini menakhodai Kabupaten Pinrang. Aslam Patonangi sukses membawa Pinrang sebagai salah satu daerah yang maju di Sulawesi Selatan.

Raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak lima kali, membuktikan kerja nyata Aslam Patonangi dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Di tangannya Pinrang menjadi kabupaten langganan peraih Adipura.

Pencapaian indikator kemajuan Pinrang tergolong hebat di tangan figur low profile ini. Ekonomi daerah tumbuh 8,32 persen, seiring dengan pertumbuhan produksi padi sebagai komoditas unggulan Kabupaten Pinrang. Produksi padi mencapai 4,7-6,3 ton per hektar.

Aslam menjadi figur representasi geopolitik kawasan Ajatappareng meliputi Pinrang, Sidrap, Parepare, Enrekang dan Barru yang memiliki pemilih sebanyak 152,166 orang atau sekira 13,86 persen dari total pemilih Sulsel sebanyak 8.871.154.

Dalam beberapa kali kesempatan, Aslam Patonnangi menyampaikan kesiapannya untuk berpasangan dengan Ichsan Yasin Limpo. Realitas dikedepankan; siapapun yang nantinya paling diinginkan publik, Aslam bakal tetap menyatu bersama bersama IYL,

Menurut Aslam, dirinya bersama IYL memiliki kedekatan terutama dalam menjalankan misi kemanusiaan dan percepatan pembangunan daerah. Kesamaan ideologi menjadikan hubungan Aslam dengan IYL tak bisa dipisahkan.

 

[NEXT-RASUL]

 

Andi Mudzakkar

 

 

Politisi yang kini mengemban amanah sebagai Bupati Luwu dua periode. Pria kelahiran Palopo, 11 November 1964 ini, merupakan figur pilihan rakyat Kabupaten Luwu yang sukses memenangkan Pilkada 2009 dan Pilkada 2014.

Putra Kahar Mudzakkar yang akrab dipanggil Andi Cakka ini, sangat populer di Sulsel terutama di Luwu Raya. Sebelum menjadi kepala daerah, politisi yang menjabat Ketua Golkar DPD II Luwu ini, pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD di dua daerah, yakni Wakil Ketua DPRD Kabupaten Luwu periode 1999-2002, Wakil Ketua DPRD Kota Palopo periode 2002-2004, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Luwu periode 2004-2009.

Kematangan dalam berpikir dan santun bertindak, menempatkan alumni Lemhanas ini menjadi figur harapan masyarakat Luwu. Tak heran jika Andi Mudzakkar menjadi salah satu kandidat bakal cawagub pendamping Ichsan Yasin Limpo asal geopolitik Luwu Raya yang memiliki pemilih sebanyak 856.790 atau sekira 12,47 persen dari total pemilih Sulsel.

Kabupaten Luwu menjadi daerah dengan jumlah pemilih terbanyak di Luwu Raya, yakni sebanyak 262.159 orang, disusul Luwu Utara sebanyak 237.537, Luwu Timur sebanyak 196,843, dan Kota Palopo sebanyak 160,251.

 

[NEXT-RASUL]

 

Andi Maradang Mackulau

 

Dikenal sebagai pribadi yang egaliter. Beberapa kalangan menganggapnya sebagai Datu yang sangat bersahabat. Dekat dengan masyarakat dan memiliki hubungan yang harmonis dengan semua kepala daerah di Luwu Raya.

Andi Maradang Mackulau menjadi salah satu dari lima kandidat calon wakil gubernur yang bakal mendampingi calon gubernur Ichsan Yasin Limpo (IYL). Nersama Andi Mudzakkar, Andi Maradang Mackulau menjadi kandidat cawagub asal geopolitik Luwu Raya yang memiliki pemilih sebanyak 856.790 atau sekira 12,47 persen dari total pemilih Sulsel.

 

[NEXT-RASUL]

 

Andi Yaqkin Padjalangi

 

Politi Partai Golkar yang kini mengemban amanah sebagai wakil rkayat di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Alumni magister kesehatan Universitas Hasanuddin ini, menjadi salah satu dari lima figur calon wakil gubernur (cwagub) pendamping Ichsan Yasin Limpo (IYL) di Pilgub Sulsel 2018 asal geopolitik Bosowasi meliputi Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai.

Zona ini mememiliki jumlah pemilih sebanyak 1,297,027 atau sekira 18,8 persen dari total pemilih Sulsel sebanyak 6,871,154. Antara lain Kabupaten Bone sebanyak 620,755, Soppeng 179,758, Wajo 320,868 dan Sinjai 175,646 orang.

AM Yagkin Padjalangi sukses meraih suara terbanyak di Kaupaten Bone saat Pemilu Legislatif 2014. Perolehan suaranya mencapai 59.615.

 

[NEXT-RASUL]

 

Mathius Salempang

Lusan terbaik AKABRI 1981, yang pernah menjabat sebagai Kapolda Sulselbar dan Kalimantan Timur. Irjend Pol (purn) Matius Salempang Lahir di Palopo Sulawesi Selatan 9 Juni 1953.

Sukses menyeleisakan pertikaian antaretnis di Tarakan dalam tempo tiga hari menjadi bagian prestasi Matius Salembang saat menjabat Kapolda Kaltim. Di bawah kepemimpinannya, kepolisian berhasil mengembalikan pengungsi 40.100 jiwa ke rumah masing-masing.

Pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan Presiden berlangsung aman di Sulsel, tatkala MatIus Salembang menjabat sebagai Kapolda Sulselbar. Ia dikenal sebagai petinggi kepolisian yang tegas dan tidak pernah kompromi terhadap bawahannya.

Mathius Salempang menjadi kandidat bakal cawagub pasangan Ichsan Yasin Limpo (IYL) asal geopolitik Toraja. Di zona meliputi Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara tersebut, memilik pemilih sebanyak 394,031 atau sekira 5,37 persen dari total pemilih Sulsel sebanyak 6,871,154 orang. (*)


div>