RABU , 12 DESEMBER 2018

Subhanallah! Bantu Warga, IYL Resmikan Zakat Air Minum

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

faisalpalapa

Senin , 14 Agustus 2017 17:39
Subhanallah!  Bantu Warga, IYL Resmikan Zakat Air Minum

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM– Kepedulian Ichsan Yasin Limpo (IYL) terhadap kerja-kerja kemanusiaan memang layak diacungi jempol. Tanpa pencitraan dan mengumbar janji berlebihan, mantan Bupati Gowa dua periode ini langsung menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat.

Salah satu buktinya, yakni penyaluran zakat harta keluarganya dengan cara membuat dan mengelola air minum gratis yang diperuntuhkan kepada ratusan kepala keluarga di Pampang, Makassar, terhitung mulai Senin (14/08017) hari ini.

Di peresmian air minum yang dinamai Zakat Air Minum Abdi Merah Putih (Zam Ampuh), IYL mendapat sambutan hangat oleh masyarakat setempat. Apalagi, pengelolaan Zam tersebut, juga bertujuan untuk memberdayakan para pemuda, terutama mereka yang menganggur.

“Ini murni penyaluran zakat harta saya, dan tidak ada hubungannya soal politik. Ini sejak dulu saya niatkan,” kata Ichsan saat memberi sambutan di peresmian pengelolaan Zam Ampuh di Pampang, Senin (14/08/17) sore.

Dalam kesempatan tersebut, IYL yang belum lama ini dinobatkan sebagai tokoh peduli kemanusiaan di Indonesia, juga menjelaskan tentang air bersih tersebut yang bisa dikonsumsi secara gratis oleh warga setempat. Sebab bila selama ini, setiap kepala keluarga membeli air minum isi ulang bersih per galon Rp5.000-50.000 per hari, maka Zam yang dikelola oleh Abdi Merah Putih tak perlu dibeli.

Cukup, biaya pengantaran galon Rp1000 sampai Rp2000. Itupun biaya tersebut untuk kebutuhan para pemuda dan warga setempat yang dilibatkan. “Jadi nanti pengantarannya, itu di pagi hari oleh pemuda dan warga di wilayah ini,” tambah IYL.

Sekadar diketahui, Zam Ampuh ini menggunakan teknologi terbaik yang semuanya dibiayai oleh IYL melalui zakat maal ketua PMI Sulsel tersebut. Di samping itu, kualias air minum ini juga disebut-sebut jauh lebih baik dibanding produksi air isi ulang yang selama ini dikonsumsi.

Untuk tahap awal, pengelolaan Zam Ampuh diproduksi rata-rata sekitar 300 galon per hari. Setelah itu, didistribusikan setiap saat ke rumah warga yang membutuhkan oleh remaja dan pemuda yang dilibatkan di pengantaran.

Berdasarkan pantauan, di peresmian Zam Ampuh, IYL yang didampingi sejumlah legislator Sulsel, serta Dirut PDAM Makassar Haris Yasin Limpo, juga mengkonsumsi langsung air minum tersebut, sambil memperhatikan, sekaligus mengecek mesin produksi air minum. (*)


Tag
div>