SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Sudah 4 Kali Berkas Kasus Samad di Makassar, Bolak Balik Kejaksaan-Kepolisian

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 02 September 2015 10:04

RAKYATSULSEL.COM – Kasus pemalsuan dokumen yang disangkakan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif Abraham Samad, terus bergulir. Saat ini, Abraham Samad telah telah dijadikan tersangka oleh kepolisian dalam dua kasus sekaligus, yaitu kasus pemalsuan dokumen di Polda Sulawesi Selatan dan Barat serta kasus penyalahgunaan wewenang di Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

Walaupun kepolisian telah telah dilimpahkan berkas Samad ke pihak kejaksaan, namun berkas kedua kasus tersebut belum sekalipun dinyatakan lengkap (P21). Hal itu diungkapkan kuasa hukum Samad, Johanes Gea, Selasa, (1/9) di Jakarta. “Berkas kasus yang di Makassar sudah empat kali bolak-balik dan jika memang tak ada unsur pidana lebih baik ditinjau ulang,” kata Johanes.

Karena itu, Johannes meminta agar kepolisian meninjau ulang kasus yang dituduhkan kepada kliennya. Karena menurut dia, kasus yang Makassar dan juga yang di Jakarta, tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Bolak-baliknya berkas kasus Samad di Makassar, menurut Johanes, menunjukkan bahwa ada banyak keganjilan yang terjadi dalam kasus tersebut. Johanes beralasan bahwa setiap berkas yang dikembalikan, biasanya karena pihak kejaksaan menganggap ada yang kurang dan harus dilengkapi oleh penyidik kepolisian. Selain itu, ada standar operasional prosedur (SOP) yang menyebutkan bahwa polisi harus meninjau ulang sebuah kasus jika berkasnya terus menerus dikembalikan.

“SOP kejaksaan mengatur, jika sudah tiga kali berkas dikembalikan, maka perlu ditinjau ulang masalahnya ada di mana,” katanya, seraya menekankan bahwa berkas Samad sudah lebih dari tiga kali dikembalikan.

Seperti diketahui bahwa kasus Samad di Makassar adalah pemalsuan dokumen, di mana Samad diduga membantu Feriyani Lim, perempuan asal Pontianak, dengan memasukan namanya ke dalam kartu keluarga. Berdasarkan kartu keluarga itu, Feriyani membuat kartu tanda penduduk yang kemudian digunakannya untuk membuat paspor.


div>