JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Sudah Beroperasi, Pasar Sumpang Ala Sindu Bali Dirancang Hingga Malam Hari

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Rabu , 15 Agustus 2018 11:21
Sudah Beroperasi, Pasar Sumpang Ala Sindu Bali Dirancang Hingga Malam Hari

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Pasar Sumpang Minangae, Kota Parepare kini mulai ditempati. Itu ditandai dengan syukuran menempati pasar yang dihadiri Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe didampingi Pj Sekda Iwan Asaad, sejumlah jajaran Kepala SKPD, dan Ketua Tim Penggerak PKK, Hj Erna Rasyid Taufan, Rabu, (15/8/2018).

Pasar semi moderen yang direnovasi menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN sebesar Rp 6 miliar lebih ini, diadopsi dari pasar Sindu di Bali, sebuah pasar terbaik di Asia Tenggara.

Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan, pasar yang menghadirkan 3K (Keamanan, Kenyamanan, dan Kebersihan) akan dikelola dengan managemen yang baik. Sejumlah fasilitas tera ulang juga menjadi fasilitasi di pasar itu, demi memberikan kepastian ukur kepada pembeli.

Selain itu, di pasar ini juga dilengkapi papan bicara sebagai denah atau petunjuk bagi pembeli yang hanya ingin membeli produk tertentu.

“Dengan adanya papan bicara, warga tidak lagi berkeliling mencari barang yang mau dibeli. Ke depan, akan ada ruang terbuka hijau yang kita siapkan sehingga menarik pengunjung datang belanja cakar, atau lauk pauk. Pasar semi moderen ini harus dikelola dengan standar pasar ideal,” ungkap Taufan Pawe.

Selain beroperasi setiap hari, Taufan Pawe juga mengharapkan pasar tersebut dapat beroperasi hingga malam hari.

“Mulai hari ini sudah bisa kita fungsikan setiap hari, namun saya tetap meminta para pedagang berembuk dulu dengan KKP-nya. Saran ini dari Pak Dandim dan Pak Kajari, saya sangat setuju, tapi kembali lagi dari hasil kesepakatan KKP,” papar Taufan.

Selain itu, Taufan juga meminta kepada pengelola agar pasar tersebut dilengkapi kipas angin demi kenyamanan pengunjung.

“Saya minta kepada pengelola untuk pasangkan kipas angin supaya sirkulasi udaranya bagus,” ucap Taufan dibarengi tepuk riuh dari pedagang. (MP1/nia)


div>